Pengguna PLTS di Sektor Komersial Kian Diminati

Penggunaan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) di Indonesia telah mengalami perkembangan siginifikan, baik secara jumlah ataupun kapasitas energi yang digunakan. Khususnya pada sektor industri, peningkatan penggunaan PLTS bisa dibilang cukup baik. 

Semakin meningkatnya kesadaran konsumen terhadap produk ramah lingkungan, ketersediaan regulasi dan ekosistem yang mendukung serta keuntungan dari penggunaan PLTS menjadi daya tarik bagi sektor komersial dan industri untuk menggunakanPLTS. 

Pemasangan PLTS untuk sektor komersial di Indonesia sangat strategis, mengingat potensi yang dimiliki mencapai 4,80 kWh/m2/hari. Hal ini tentu menjadi kabar baik bagi setiap pelaku industri atau sektor komersial yang ingin mendukung dalam pemanfaatan energi bersih. 

Penggunaan PLTS sebagai upaya pengembangan green industry memiliki dampak yang positif terhadap segala bidang. Selain dapat menekan biaya, membantu menurunkan emisi CO2, pemasangan PLTS juga dapat mengurangi penggunaan energi fosil yang ketersediaannya semakin menipis. 

Pemanfaatan PLTS Atap Sektor Komersial

Pada sektor komersial, penggunaan PLTS Atap semakin diminati dan mengalami peningkatan yang pesat. Dikutip dari Direktorat Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE) Kementerian ESDM, sektor komersial dan industri turut berkontribusi dalam kenaikan kapasitas terpasang instalasi Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Atap. Dari hanya 1,52 MW pada 2018 menjadi 65,87 MW pada Juli 2022.

Salah satu penyebab peningkatan angka ini adalah adanya tuntutas pasar tentang produk hijau (green product) dan industri hijau (green industry) yang kemudian mendorong sektor komersial dan industri beralih ke teknologi ramah lingkungan. 

Jika dilihat dari jumlah pelanggan, sektor rumah tangga memang masih mendominasi sejumlah 4.175 pelanggan, dengan besaran energi mencapai 13,9 MW. Meski demikian, jika melihat dari kapasitas energi yang digunakan, 53 pelanggan di sektor industri menghabiskan energi paling besar hingga 17,7 MW atau 30 persen dari kapasitas PLTS Atap yang sudah terpasang.

Per Februari 2022, total capaian PLTS Atap sudah mencapai 5.321 pelanggan dengan kapasitas sebesar 59,84 MWp atau sekitar 13,3 persen dari target tahun 2022. Penggunaan PLTS Atap ini diperkirakan akan terus meningkat. 

Manfaat PLTS pada Sektor Komersial

PLTS Atap dinilai menjadi pilihan yang strategis karena waktu instalasinya yang relatif cepat, tidak membutuhkan lahan yang luas, serta ketersediaan sumber energi surya yang melimpah di seluruh wilayah Indonesia. Berikut adalah manfaat penggunaana PLTS Sektor Komersial:

Selain berperan untuk melestarikan lingkungan, rangkaian panel surya yang dipasang di atas atap juga dapat memberikan berbagai manfaat bagi perusahaan, di antaranya: 

  1. Penghematan Biaya Tagihan Listrik

Satu manfaat yang pasti diperoleh pada penggunaan PLTS adalah dapat menghemat biaya tagihan listrik. PLTS Atap yang dipasang dapat menyupali listrik ke bangunan Anda sehingga dapat mengurangi tagihan listrik utama. 

Jika dihitung dari beban listrik, PLTS dapat menghasilkan 15-40% dari konsumsi listrik pada bangunan yang digunakan. Pada dasarnya, panel surya menggunakan sinar matahari yang didapatkan secara gratis dan dikonversi menjadi energi listrik. 

Proses untuk mendapatkannya melalui energi matahari yang di konversi melalui panel surya sehingga menjadi listrik pun tidaklah sulit. Anda bisa mendapatkan sinar matahari terbaik saat pagi hari hingga menjelang sore hari. Saat itulah sinar matahari bisa didapat secara melimpah. Dan tentu Anda bisa menyimpan energi matahari yang sudah di dapat mealui sebuah baterai untuk kemudian Anda gunakan arus listriknya dalam industri yang Anda jalankan.

  1. Bertahan Lama

Setiap komponen atau modul PV yang digunakan saat ini juga dapat bertahan lama hingga 25 tahun. Selain itu, komponen lain seperti inverter bisa bertahan 10-20 tahun. 

Hal ini tentu menjadi salah satu keuntungan tersendiri karena pengguna tidak perlu memikirkan tentang ketahanan dan kinerja komponen yang digunakan. 

Terlebih jika Anda melakukan pemasangan di Solar Kita, Anda akan mendapatkan komponen yang berkualitas dan bergaransi. 

  1. Lahan Komersial yang Strategis

Setiap bangunan komersial biasanya memiliki lahan yang luas. Setiap ruang dan lahan yang tersedia pada wilayah ini tentu menjadi salah satu lahan yang strategis untuk melakukan pemasangan PLTS. Meskipun pada dasarnya PLTS Atap tidak perlu membutuhkan lahan yang luas untuk pemasangannya. 

Pemanfaatan lahan untuk menciptakan energi listrik yang baik ini tentu menjadi salah satu manfaat tersendiri dalam sektor komersial. 

  1. Meningkatkan Nilai Properti

Pemanfaatan panel surya untuk menghasilkan energi listrik merupakan salah satu bukti penerapan konsep green industry sehingga dapat meningkatkan nilai propertu atau aset suatu bangunan. 

Terlebih pada konsumen saat ini banyak yang sadar tentang konsep green industry, yang tentu akan lebih berpotensi menjadikan brand suatu perusahaan dikenal baik. 

Selain itu, sektor bisnis yang berkontribusi pada kelestarian lingkungan semakin mendapat dukungan dan menarik perhatian di pasar modal karena memenuhi standar ESG (environmental, social, and governance).

  1. Energi Masa Depan

Energi surya termasuk dalam energi bersih yang sedang didorong pemanfaatannya oleh berbagai pihak. Mengingat ketersediaan energi yang tak terbatas dan termasuk dalam energi terbarukan, energi surya adalah energi andalan di masa depan. 

Pemanfaatan energi surya juga 100% bebas dari karbon emisi. Dengan menggunakan energi terbarukan panel surya, sektor komersial akan turut menjadi pioner dalam mengurangi ketergantungan penggunaan batu bara, minyak, dan gas alam yang pada proses pembakarannya memiliki dampak kurang baik bagi lingkungan. 

  1. Berkontribusi dalam Memanfaatkan Energi Bersih

Perlu diketahui jika sektor komersial dan industri di Indonesia saat ini masih didominasi oleh penggunaan bahan bakar yang tidak terbarukan seperti minyak bumi, batu bara, dan gas alam untuk menciptakan energi listrik. 

Jika kondisi ini berlanjut tentu akan mengakibatkan ketersediaan sumber daya semakin menipis dan tidak menutup kemungkinan akan mengakibatkan krisis energi di masa mendatang. Penggunaan PLTS pada sektor komersial akan turut berkontribusi dalam pemanfaatan energi bersih secara efektif. Hal ini menjadikan salah satu manfaat tersendiri dalam menjaga kurusakan lingkungan.  

Ciptakan Energi Ramah Lingkungan bersama SolarKita!

Panel surya merupakan pilihan terbaik untuk mendorong pemanfaatan energi alternatif yang ramah lingkungan. Anda tidak hanya menggunakan energi yang ramah lingkungan, tetapi juga bisa menghemat biaya tagihan listrik setiap bangunan. 

Dalam rangka mewujudkan impian tersebut, Solar Kita menghadirkan layanan untuk penerapan panel surya di sektor komersial. Bersama Solar Kita, Anda dapat mewujudkan penggunaan listrik yang efisien, ramah lingkungan, dan menjadi investasi yang berkualitas. 

SolarKita telah berpengalaman dalam memberikan solusi terbaik dan terintegrasi, mulai dari konsep hingga proses instalasi.  Hubungi kami untuk informasi lebih lanjut.

Share

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

More Posts