Mengenal Sistem PLTS Atap Hybrid

Pemanfaatan energi surya melalui pembangkit listrik tenaga surya mulai banyak sekali dikembangkan di Indonesia. Hal ini melihat bahwa sumber energi surya dapat digunakan sebagai alternatif yang sangat cocok untuk dikembangkan sebagai sumber energi listrik dengan begitu banyak kelebihan. Apalagi jika melihat potensi Indonesia sendiri, sangatlah mudah untuk mendapatkan sumber energi utama dari pembangkit listrik ini, yaitu sinar matahari. 

Pemanfaatan energi listrik melalui pembangkit listrik tenaga surya ini pun banyak dilakukan melalui berbagai cara, salah satunya adalah melalui Pemasangan pembangkit listrik tenaga surya melalui panel surya Atap. Hal ini selain dapat membantu Anda untuk mendapatkan pasokan listrik dalam jumlah yang besar, juga dapat membantu mengurangi biaya yang dikeluarkan setiap bulannya. Karena tentu Anda bisa mendapatkan sumber energi secara gratis dan sangat melimpah. 

Salah satu cara pemanfaatan energi surya melalui PLTS Atap adalah dengan menggunakan sistem PLTS Atap Hybrid. Sistem PLTS Atap hybrid sendiri adalah sistem pembangkit listrik dengan menggunakan sumber panas matahari melalui panel surya yang dapat menghasilkan sumber energi listrik yang digabungkan dengan sumber listrik dari PLN. Kedua sumber energi listrik ini kemudian akan dimanfaatkan untuk saling mendukung di saat terdapat kekurangan daya listrik ataupun ketika terjadi pemadaman jaringan listrik. Pada sistem panel surya hybrid, panel surya disini merupakan sumber energi utama. Sumber energi panel surya akan yang dikonversikan dan akan ditampung ke dalam baterai.

PLTS Atap Hybrid adalah Pembangkit Listrik Tenaga Surya sendiri didukung oleh teknologi Hybrid. Maksudnya adalah sistem listrik yang dihasilkan oleh panel surya merupakan penggabungan dari hasil panel surya dengan listrik dari PLN. Dengan harapan bahwa nantinya sistem tersebut dapat memudahkan pengguna untuk mendapatkan dukungan energi listrik yang optimal sekaligus antisipasi saat terjadi kekurangan daya atau pemadaman listrik. 

Listrik yang dihasilkan dari sistem PLTS Atap Hybrid ini nantinya akan disimpan ke dalam baterai cadangan, seperti yang diterapkan pada sistem PLTS Atap Off-Grid. Bedanya, jika di tipe Off-Grid, kekurangan cadangan listrik dari baterai diatasi oleh genset. Sedangkan untuk tipe ini, secara otomatis akan dicadangkan oleh listrik dari sumber PLN. 

Disaat pemakaian listrik telah melebihi kapasitas baterai yang dimiliki, maka listrik PLN akan masuk secara otomatis. Kelebihan dari sistem PLTS Atap hybrid ini adalah listrik yang Anda gunakan akan tetap dialirkan meskipun terjadi pemadaman jaringan listrik dari PLN. Hampir sama seperti sistem kerja panel surya lainnya, di sistem panel surya hybrid, Panel surya akan menangkap sinar matahari dan kemudian dikonversikan menjadi listrik DC. 

Selanjutnya inverter akan mengubah ke daya listrik menjadi AC yang akan digunakan untuk peralatan listrik. Daya listrik ini yang kemudian dikirimkan ke panel distribusi atau MCB untuk digunakan. Dalam operasionalnya, pemanfaatan energi panel surya ini sangat ramah lingkungan serta merupakan wujud implementasi dari merawat bumi yang semakin hari semakin mengalami kerusakan akibat pemanasan global. Penggunaan panel surya atap sendiri selain ramah lingkungan juga dapat menghemat pengeluaran dari tagihan listrik yang biasa Anda bayarkan.

PLTS Atap Hybrid ini tentu akan dapat menjadi solusi yang efektif untuk memenuhi kebutuhan energi listrik Anda di rumah, pabrik maupun kantor. Terutama untuk bangunan-bangunan yang berada di jangkauan jaringan PLN. Perbedaannya hanya terlrtak pada penerapan baterai serta sistem cadangan yang dipakai dari masing-masing sistem dalam sebuah pembangkit listrik tenaga surya. 

Untuk PLTS Atap Hybrid ini, dibutuhkan baterai yang bias menanmpung hasil listrik, meskipun 

Keunggulan PLTS Atap Hybrid

Secara umum, PLTS Atap hybrid adalah sistem yang menggabungkan tenaga surya dengan sumber energi lainnya, seperti gabungan PLTS dengan PLTA, PLTD, atau PLTB. Cara kerja PLTS Atap Hybrid hamper sama dengan sistem PLTS pada panel surya On-Grid yang terhubung dengan jaringan. Akan tetapi perbedaannya yaitu karena sistem PLTS Atap Hybrid juga menyerupai sistem Off-Grid yang menggunakan baterai untuk menyimpan daya tidak terpakai.

Saat energi dihasilkan dari sinar matahari pada hari-hari cerah dan ketika sinar matahari redup atau terbenam maka sumber energi lain dapat menggantikannya. Begitu pula ketika sumber daya di baterai yang disimpan sudah menipis, maka listrik dari PLN akan dapat digunakan untuk mengisi kebutuhan listrik yang dibutuhkan di rumah maupun bangunan lainnya. Berikut ini adalah kelebihan dari sistem PLTS Atap hybrid.

Cadangan Energi

Dalam sistem PLTS Atap hybrid, Panel surya akan memiliki tempat cadangan pasokan listrik melalui batrei. Dimana sistem ini akan menyediakan daya secara terus menerus tanpa gangguan, karena baterai yang terhubung dapat menyimpan energi. Jadi pada saat terjadi pemadaman listrik, baterai akan berfungsi sebagai cadangan seperti halnya genset, pun sebaliknya. Seperti pada sore atau malam hari, ketika tidak terdapat sumber energi matahari yang masuk melalui panel surya, maka energi tidak akan dihasilkan dan listrik yang digunakan adalah listrik dari PLN.

Pada malam hari, energi matahari yang tersimpan ini dapat digunakan. Proses ini dikenal sebagai pemindahan beban. Terdapat banyak cadangan sumber listrik, misalnya ketika pagi sampai sore bisa pakai tenaga surya dan mengecas baterai. Selanjutnya ketika malam tiba maka baterai tadi bisa dipakai, lalu kalau baterai sudah habis maka cadangan selanjutnya dapat memakai listrik dari PLN atau genset. Sangat fleksibel bukan sistem dari PLTS Atap Hybrid ini.

Hemat Biaya 

Pada sistem PLTS Atap Hybrid ini, Biaya yang harus Anda keluarkan juga tergolong sangat kecil. Dimana untuk biaya pemeliharaan, sistem PLTS Atap hybrid ini menggunakan biaya yang lebih rendah dibandingkan dengan genset tradisional yang menggunakan solar sebagai bahan bakar. Hal ini tentu akan berpengaruh pada biaya yang akan Anda keluarkan, yaitu tidak ada bahan bakar yang digunakan. Factor lain yang membuat sistem PLTS Atap Hybrid ini hemat biaya adalah Anda tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan untuk melalukan servis berkala. Karena melalui sistem ini, Anda tidak perlu sering melakukan servis panel surya Anda.

Sumber Energi Terbarukan

Energi matahari menjadi energi terbarukan yang dapat dimaanfaatkan menjadi energi alternatif di masa depan. Mengingat bahwa tingkat konsumsi listrik konvensional yang sangat meningkat, hal ini tentu menyebabkan kemungkinan terjadinya krisis listrik yang dapat terjadi kapan saja. Sehingga sangat bijak bagi Anda untuk melakukan langkah antisipasi berupa pemanfaatan tenaga surya PLTS atap sebagai energi alternatif kebutuhan listrik.

Dengan menggunakan sistem PLTS Atap Hybrid ini, Anda akan mendapatkan manfaat dan keuntungan yaitu listrik yang seratus persen bersih dan bebas dari karbon emisi. Tentunya dengan menggunakan energi terbarukan panel surya untuk usaha Anda dapat mengurangi ketergantungan penggunaan minyak, batu bara, dan gas alam untuk kebutuhan listrik pada bisnis Anda. Tentunya, energi terbarukan ini tidak menghasilkan emisi yang dapat merusak dan mempengaruhi kualitas udara, air, tanah, dan bertanggung jawab atas pemanasan global.

Selain itu, Karena baterai yang ada pada pada PLTS Atap Hybrid ini terhubung ke sistem untuk menyimpan energi, tidak akan ada pemborosan energi berlebih yang dihasilkan pada hari-hari cerah. Jadi, sistem ini memanfaatkan energi terbarukan dengan cara terbaik, menyimpan energi pada hari baik dan memanfaatkan daya yang tersimpan pada saat cuaca redup.

Efisiensi Tinggi

Kelebihan lainnya adalah Sistem PLTS Atap hybrid ini akan bekerja lebih efisien daripada genset tradisional yang membuang bahan bakar dalam kondisi tertentu. Sistem hibryd akan bekerja secara efisien di semua jenis kondisi tanpa membuang bahan bakar karena menggunakan bateraia yang dapat menyimpan energi matahari yang berlebih. Selain itu, sistem hybrid adalah yang paling ekonomis karena menggunakan inverter baterai all in one yang berisi inverter tenaga surya dan inverter baterai pada saat yang bersamaan. 

Nah, itulah beberapa penjelasan terkait sistem panel surya atap Hybrid yang dapat dimanfaatkan sebagai sumber energi listrik Anda di rumah. Anda dapat dengan mudah mendapatkan kebutuhan panel surya atap melalui Perusahaan PLTS Atap terbaik SolarKita. Tentu dengan harga dan penawaran terbaik!

Share

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

More Posts