Biaya Pemasangan Panel Surya dan kebutuhan PLTS Atap

Kebutuhan listrik hari ini sudah menjadi kebutuhan primer bagi semua orang. Di Indonesia, pemanfaatan energi sinar matahari sebagai penghasil listrik yang disebut dengan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) masih sekitar 0,13% dari keseluruhan pembangkit yang ada. Hal ini menunjukan bahwa pemanfaatan surya melalui panel surya atap tergolong sangat kecil. 

Sementara itu, Indonesia memiliki potensi sumber daya energi surya yang begitu melimpah. Dalam sektor energi surya, Indonesia memiliki potensi lebih dari 3.600 GW yang dapat dikembangkan melalui teknologi PLTS Atap. Potensi energi surya ini tentu menjadi faktor yang sangat baik untuk mengembangkan potensi yang ada guna memenuhi kebutuhan listrik masa depan. Potensi itu sendiri tersebar di seluruh wilayah Indonesia, yaitu Nusa Tenggara Timur 369,5 GWp, Riau dengan 290,41 GWp, dan Sumatra Selatan 285,18 GWp.

Selain dari sumber energi yang begitu melimpah, Pemanfaatan PLTS Atap untuk mengolah sumber energi matahari juga memiliki nilai ekonomi yang lebih baik karena membuat konsumsi listrik yang berasal dari listrik konvensional PLN akan menjadi lebih berkurang. Pada kondisi seperti ini, di mana biaya listrik sedang mengalami kenaikan juga merupakan faktor yang bisa Anda pertimbangkan untuk beralih dengan menggunakan listrik alternatif PLTS Atap sebagai sumber listrik untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari maupun untuk bisnis Anda.

Semakin hari, peminat dari pengguna PLTS Atap ini semakin mengalami peningkatan. Hal ini karena semakin banyak orang yang tertarik dengan energi matahari dan potensinya untuk masa depan. Panel surya merupakan listrik alternatif yang dapat digunakan untuk memberi daya pada rumah, bisnis, atau bahkan seluruh kota. Sistem PLTS Atap juga akan menyediakan energi bersih tanpa emisi, seperti hal nya listrik yang berasal dari sumber tradisional seperti batu bara atau minyak. 

Namun, sebelum memasang sistem pembangkit listrik tenaga surya melalui panel surya, ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui tentang biaya dan kebutuhan apa saja yang Anda perlukan untuk dapat melakukan pemanfaatan energi surya ini. Pada kesempatan kali ini, SolarKita akan memberikan informasi tentang kedua topik tersebut sehingga Anda dapat membuat keputusan yang tepat tentang pemasangan panel surya Pembangkit listrik tenaga surya untuk kebutuhan rumah Anda.

Tenaga surya adalah salah satu sumber energi hijau terbaru yang mendapatkan banyak popularitas di seluruh dunia. Pada dasarnya, PLTS Atap akan menggunakan sinar matahari untuk mengubah energi panas menjadi listrik. Tenaga surya sendiri  memiliki potensi untuk menyediakan sumber energi yang andal dan berkelanjutan untuk rumah tangga dan bisnis. Selain itu, Panel surya telah terbukti menjadi cara yang sangat efisien untuk mengubah listrik dari matahari menjadi bentuk yang dapat digunakan.

Pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) atap atau panel surya semakin diminati oleh masyarakat. Selain dapat menekan produksi emisi karbon dioksida, penghematan tagihan listrik juga menjadi daya tarik tersendiri bagi pengguna panel surya dengan sistem on-grid atau tersambung dengan listrik PT PLN (Persero). Hal ini tentu dapat dijadikan sebagai opsi untuk pemenuhan kebutuhan listrik yang semakin hari semakin mengalami peningkatan. 

Jika Anda tertarik untuk melakukan pemasangan panel surya di rumah atau mungkin tempat usaha, Anda bisa terlebih dahulu memperkirakan biaya pemasangan Panel Surya dan penghematan yang diterima dari penggunaan PLTS itu. Saat ini, 

Untuk membantu masyarakat menghitung potensi PLTS atap yang dapat dibangun dan penghematan yang diperoleh, Perusahaan terbaik SolarKita telah menyediakan aplikasi yang dapat dimanfaatkan untuk menghitung berapa biaya yang harus dikeluarkan untuk pemasangan panel surya Atap. Selain memberikan peluang masyarakat dalam pemanfaatan energi terbarukan yang ramah lingkungan, bersama SolarKita, Anda dapat mengingkatkan peran energi baru terbarukan (EBT) dalam bauran energi nasional, percepatan peningkatan pemanfaatan energi surya, mendorong pengembangan bisnis dan industri panel surya, serta mengurangi emisi gas rumah kaca. 

Pemerintah telah mulai menggunakan energi alternatif sinar matahari untuk kebutuhan fasilitas publik, contohnya, menggunakan energi surya untuk penerangan outdoor sehingga anggaran bisa lebih hemat. Indonesia merupakan negara tropis, sehingga di masa depan energi alternatif sinar matahari ini akan dimanfaatkan secara maksimal dalam berbagai sektor.

Daya yang dihasilkan dari Listrik PLTS  Atap nantinya akan otomatis memotong tagihan listrik pengguna maksimal 65% dari total daya yang dihasilkan dari pemasangan panel surya. Ini artinya 1 Watt listrik yang dihasilkan dari Listrik Gratis PLTS Atap akan langsung mengurangi harga listrik PLN maksimal 0,65 watt untuk bulan berikutnya, sehingga pengguna hanya membayar sisanya ditambah dengan biaya penggunaan listrik dari PLN, dengan demikian tagihan listrik akan lebih murah dan masyarakat bisa sedikit menabung.

Selain itu, dengan mengetahui biaya serta kebutuhan yang Anda perlukan dalam proses pemasangan Panel Surya dengan baik, Anda juga akan dapat meminimalisir biaya yang Anda keluarkan untuk bisa Anda gunakan untuk kebutuhan yang lainnya. Manfaat yang paling dapat dirasakan adalah pembangkit listrik tenaga surya dapat mengurangi biaya penggunaan listrik harian, Energi listrik yang dihasilkan dari energi surya akan bisa digunakan sebelum menggunakan energi listrik PLN sehingga tagihan listrik PLN ini bisa Anda hemat.

Melalui Aplikasi yang sudah tersedia di SolarKita.com, Anda juga dapat menghitung biaya yang Anda keluarkan melalui website tersebut dengan sangat mudah. Dimana setelah masuk ke laman tersebut, akan muncul laman Dimana Anda kemudian akan diminta untuk mengisi berapa besaran biaya tagihan listrik (Rp) per bulan yang harus Anda keluarkan. Setelah itu, Anda juga akan diminta untuk mengisi berapa daya listrik (Watt) yang terpasang di rumah Anda. Dengan mengisi form tersebut di laman SolarKita, Anda sudah akan mendapatkan gambaran berapa biaya listrik, biaya pemasangan panel surya serta potensi penghematan yang bisa Anda peroleh dari pemasangan panel surya ini.

Misalnya saja dengan daya listrik 2.200 VA, tagihan listrik per bulan Rp 900.000, Anda dapat melakukan penghematan tagihan hingga Rp. 387.288 per bulan. Ini artinya, dengan melakukan pemasangan panel surya di Perusahaan terbaik SolarKita, Anda dapat menghemat biaya sebesar 43,03 % per bulan dari biaya yang seharusnya Anda keluarkan. Selain itu, Anda juga bisa mengirimkan penawaran kepada SolarKita dengan mengisi form sederhana yang sudah disiapkan. Tentu hal ini cukup mudah dan menarik bukan! 

Nah diatas merupakan ulasan biaya pemasangan Panel Surya serta biaya hemat listrik yang bisa bisa Anda dapatkan jika Anda menggunakan pembangkit listrik tenaga surya untuk kebutuhan sehari-hari maupun bisnis Anda. Jika Anda ingin berkonsultasi dan berniat untuk melakukan pemasangan Panel Surya, SolarKita merupakan pilihan terbaik bagi Anda. Dapatkan harga dan penawaran yang sangat menarik. Salam hijau teman-teman.

Share

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

More Posts

Peraturan Pemerintah

Peraturan mengenai penggunaan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Atap di Indonesia tertuang dalam Peraturan Menteri Energi dan Sumber