Rekomendasi Panel Surya untuk Kebutuhan Bangunan Anda

Pemanfaatan sumber energi matahari melalui pembangkit listrik tenaga surya saat ini mulai banyak dikembangkan di Indonesia. Hal ini terlihat dari meningkatnya minat penggunaan pmbangkit listrik tenaga surya untuk pemenuhan kebutuhan listrik. Di Indonesia sendiri, penggunaan PLTS semakin meningkat juga karena dipengaruhi oleh sumber energi tenaga surya yang dapat digunakan sebagai alternatif dan sangat cocok untuk digunakan sebagai sumber energi listrik dengan berbagai kelebihan. 

Apalagi jika melihat potensi sumber energi surya yang ada di Indonesia. Kita akan dengan mudah mendapatkan sumber energi utama dari pembangkit listrik ini, yaitu sinar matahari. Pemanfaatan energi surya untuk kegunaan pemenuhan listrik melalui pembangkit listrik tenaga surya ini pun banyak dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya adalah melalui Pemasangan panel surya Atap.

Jika ditinjau dari pengertiannya, Panel surya merupakan teknologi penghasil listrik dengan mengkonversikan cahaya matahari menjadi energi listrik yang dapat dimanfaatkan untuk pemenuhan kebutuhan listrik. Pada pembahasan kali ini, kita akan mengulas beberapa rekomendasi panel surya yang dapat Anda gunakan untuk pemenuhan kebutuhan listrik pada bangnan yang Anda miliki. Selain banyak manfaat yang diperoleh, pemasangan panel surya pada bangunan Anda juga merupakan upaya dalam membantu Indonesia khususnya dalam mengurangi emisi karbon yang sangat berbahaya bagi lingkungan hidup kita ini. nah inilah beberapa rekomendasi panel surya untuk bangunan Anda.

Panel Surya Monocrystalline Silicon

Rekomendasi panel surya untuk kebutuhan bangunan Anda yang pertama adalah Panel Surya Monocrystalline Silicon. Jenis komponen Panel Surya Monocrystalline Silicon ini merupakan jenis panel surya yang paling banyak digunakan di Indonesia. Hal inipun bukan tanpa alasan. Panel Surya Monocrystalline Silicon memiliki kelebihan-kelebihan yang dimilikinya. Panel surya ini merupakan panel surya yang terbuat dari material silikon yang diiris tipis-tipis dengan menggunakan mesin. 

Melihat kelebihannya, Panel Surya Monocrystalline Silicon ini bisa disebut sebagai salah satu panel surya yang paling efektif dan efisien untuk digunakan. Hal ini karena Panel Surya Monocrystalline Silicon dapat menyerap sumber energi cahaya matahari dengan sangat efisien jika dibandingkan dengan bahan sel  surya yang lainnya. Hal ini tentu menjadi hal utama yang bisa Anda gunakan untuk rekomendasi panel surya untuk kebutuhan listrik bangunan Anda.

Tidak sama dengan jenis lainnya, Efisiensi konversi cahaya matahari menjadi listrik dari Panel Surya Monocrystalline Silicon yang disusun oleh material bahan sel surya ini adalah sekitar 15%. Jumlah yang dapat dihasilkan oleh panel surya ini merupakan jumlah yang sangat besar jika dibandingkan dengan panel surya dengan material penyusun yang lain meski dengan bentuk serta ukuran penampang yang hampir sama.

Untuk kebutuhan sehari-hari, rekomendasi panel surya yang satu ini tentu tidak akan salah. Dimana untuk menunjang kebutuhan listrik Anda, Anda dapat dengan baik memanfaatkan panel surya ini. misalnya untuk berbagai peralatan rumah tangga yang menggunakan listrik, temasuk untuk kebutuhan pemenuhan air melalui pompa submersible. Meskipun dalam kegunaanya, panel surya jenis ini akan mengalami pengurangan efisiensi jika cuaca berawan dan mendung.

Panel Surya Polycrystalline Silikon

Rekomendasi panel surya untuk kebutuhan bangunan Anda yang selanjutnya adalah Panel Surya Polycrystalline Silikon. Panel Surya Polycrystalline Silikon ini merupakan terbosan panel surya dengan teknologi terbaru dengan material yang tersusun dari batang silikon yang kemudian dicairkan. Rekomendasi panel surya ini juga memiliki teknologi panel surya terbaru, dimana segi susunan dari panel surya ini sudah tersusun lebih rapi dan lebih rapat. Panel Surya Polycrystalline Silikon ini juga memiliki tampilan yang unik karena akan terkesan seperti terdapat retakan-retakan di dalam panel surya.

Hampir sama seperti kebanyakan  panel surya pada umumnya, Teknologi yang digunakan oleh panel surya jenis ini juga kurang maksimal digunakan pada kondisi mendung dan berawan. Rekomendasi panel surya Polycrystalline Silikon ini juga memiliki banyak kelebihan yang lainnya. Namun jika dibandingkan dengan efisiensi dari panel surya monocrystalline, panel surya Polycrystalline silikon ini memiliki efisiensi yang lebih rendah. Oleh karena itu untuk menghasilkan tenaga listrik dengan jumlah yang sama, rekomendasi panel surya dengan teknologi yang satu ini membutuhkan penampang yang lebih besar.

Panel Surya Thin Film 

Rekomendasi Panel surya untuk kebutuhan bangunan Anda yang selanjutnya adalah panel surya thin film. Ini merupakan sebuah teknologi panel solar yang dibuat dengan menggunakan sel surya tipis yang kemudian dipasangkan pada suatu lapisan dasar pada panel surya. Dengan begitu jika dilihat secara fisik, rekomendasi panel ini merupakan panel surya yang memiliki material fisik dengan dua lapisan.

Kelebihan yang dimiliki dari rekomendasi panel surya yang satu ini dapat dilihat dari kondisi material fisiknya. Panel surya ini memiliki ukuran yang sangat tipis. hal ini tentu membuat panel surya ini memiliki berat yang cukup ringan. Dengan material yang cukup ringan tersebut, panel surya ini tentu akan lebih fleksibel apabila digunakan dengan medan dan kondisi yang cukup susah. Selain itu, teknologi dari panel surya thin film ini memiliki teknologi yang dapat bekerja maksimal dan sangat baik ketika berada pada kondisi cahaya fluorescent. Jadi panel surya ini sangat cocok sebagai rekomendasi panel surya untuk kebutuhan bangunan Anda.

Rekomendasi Panel Surya Terbaik Untuk Kebutuhan Anda

Melalui penjelasan sebelumya, maka jenis panel surya monocrystalline lah yang merupakan salah satu rekomendasi panel surya yang memiliki kelebihan serta paling baik untuk digunakan. Seperti yang sudah dijelaskan pada pembahasan sebelumnya, penggunaan panel surya monocrystalline ini akan mengalami penurunan efisiensi ketika berada pada kondisi berawan dan mendung. Dari beberapa rekomendasi panel surya diatas, harapannya adalah Anda tidak akan salah memilih panel surya untuk kebutuhan listrik Anda.

Pemanfaatan energi matahari melalui panel surya ini sangatlah ramah lingkungan serta merupakan wujud implementasi dalam membantu menjaga serta merawat bumi yang semakin hari semakin mengalami kerusakan akibat pemanasan global. Penggunaan panel surya atap sendiri selain ramah lingkungan juga dapat menghemat pengeluaran dari tagihan listrik yang biasa Anda keluarkan untuk kebutuhan listrik.

Nah, itulah beberapa Rekomendasi panel surya untuk kebutuhan rumah Anda. Jika Anda sedang mencari kebutuhan panel surya dengan kualitas terbaik, Anda dapat dengan mudah mendapatkan kebutuhan panel surya atap melalui Perusahaan PLTS Atap terbaik SolarKita. Tentu dengan harga dan penawaran terbaik!

Share

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

More Posts

Instalasi Panel Surya

Ketika Anda berminat untuk menggunakan sistem Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS), maka ada beberapa hal yang Anda perhatikan