Pemanfaatan Pembangkit Listrik Tenaga Surya untuk Kebutuhan Pemenuhan Air

Kebutuhan Air hari ini merupakan kebutuhan prioritas yang tidak bisa dikesampingan untuk menunjang kehidupan makhluk hidup. Termasuk di dalamnya adalah pemenuhan kebutuhan manusia, hewan serta tumbuh-tumbuhan. Secara alami, ketersediaan air sebenarnya sudah bisa dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan makhluk hidup yang tinggal di dalamnya. Akan tetapi terkadang beberapa faktor menyebabkan ketersediaan air semakin berkurang untuk memenuhi kebutuhan manusia, hewan maupun tumbuhan sebagai kebutuhan pokok.

Semakin hari, kita semakin dihadapkan pada kondisi dimana masih banyak sekali daerah yang mengalami kesulitan ketersediaan air, apalagi air bersih. Air sebagai penopang kebutuhan dasar manusia ini bisa dimanfaatkan untuk kebutuhan rumah tangga, kebutuhan pemenuhan irigasi pertanian maupun kegiatan lainnya. Oleh karena itu, dengan semakin berkurangnya ketersediaan air ini, banyak cara dilakukan untuk mencari potensi dan stok air untuk pemenuhan kebutuhan ini. Agar kesulitan dan ketersediaan air dapat teratasi dengan baik.

Salah satu cara yang banyak dilakukan untuk mengatasi permasalahan air adalah dengan pemanfaatan teknologi pompa air. Pompa air sendiri merupakan teknologi yang banyak digunakan untuk mendapatkan tanah melalui proses pengangkatan air tanah untuk bisa dimanfaatkan sebagai pemenuhan kebutuhan. Pompa air sendiri banyak digunakan dengan menggunakan penggerak tenaga listrik, motor bensin, maupun motor diesel.

Pada kenyataannya, masih banyak sekali masyarakat pedesaan maupun perkotaan yang belum memiliki akses untuk mendapatkan itu. Apalagi untuk membangun sebuah pompa air untuk kebutuhan irigasi pertanian misalnya, akan membutuhkan biaya operasional yang relatif besar. Oleh karena itu, dewasa ini mulai banyak dikembangkan pompa air dengan menggunakan tenaga pembangkit listrik tenaga surya. 

Pemanfaatan Pembangkit Listrik Tenaga Surya

Melihat potensi yang ada di Indonesia listrik untuk pemenuhan kebutuhan air sendiri, Indonesia memliki energi surya sebagai sumber energi terbarukan yang tersedia dengan begitu melimpah. Di Indonesia, potensi energi surya dapat mencapai 4,8 kWh/m2. Ini berarti bahwa potensi energi baru terbarukan dari Indonesia ini berpotensi menghasilkan listrik dengan kapasitas 207,8 GWp. 

Selain itu, pemanfaatan energi surya untuk kebutuhan air merupakan langkah yang sangat baik untuk menciptakan iklim yang sehat dalam pemenuhan kebutuhan manusia. Selain ramah lingkungan, pemanfaatan energi surya untuk kebutuhan listrik ini juga akan berdapat pada biaya pengeluaran bulanan yang semakin berkurang. Selain itu, penggunaan pembangkit listrik untuk pemenuhan kebutuhan air akan mengurangi dampak perubahan iklim dengan menekan efek gas rumah kaca yang dapat dihasilkan oleh pembangkit listrik energi fosil dan sumber emisi karbon lainnya yang ada di bumi.

Pemenuhan kebutuhan Air dengan Tenaga Surya

Ketika Anda menggunakan pembangkit listrik tenaga surya sebagai teknologi untuk pemenuhan kebutuhan air Anda, maka Anda tidak lagi membutuhkan listrik konvensioanl yang bersumber dari PLN. Bahkan dalam pengoperasiannya, Anda juga tidak akan membutuhkan bahan bakar untuk bisa mendapatkan pemenuhan air. Dengan begitu, penggunaan imovasi ini tentu akan menjadi teknologi yang sangat cocok untuk beberapa wilayah di Indonesia yang sepanjang tahun memiliki potensi energi sinar matahari secara baik.

Karena diketahui bahwa tidak sedikit dari penduduk Indonesia yang bermatapencaharian sebagai seorang petani. Di mana proses irigasi atau pengairan sangatlah diperlukan dengan menggunakan air dalam jumlah yang melimpah. Anda bisa menggunakan pompa air dengan memanfaarkan pembangkit listrik tenaga surya untuk diletakkan di lahan pertanian. Selain itu, Anda dan bisa mendapatkan pasokan energi matahari secara baik selama kurang lebih 8 jam saat matahari benar-benar dalam kondisi yang terik.

Energi matahari ini bisa Anda dapatkan secara gratis dan akan semakin menguntungkan jika pompa air tersebut digunakan secara bersama di dalam suatu desa. Sehingga dengan begitu akan bisa meminimalkan biaya untuk membeli solar panel di setiap orangnya. Karena diketahui bahwa solar panel sendiri tidaklah murah.

Keuntungan Pemanfaatan PLTS untuk Kebutuhan Air

Keuntungan pertama dalam menggunakan panel surya untuk kebutuhan air Anda adalah biaya listrik yang murah. Penggunaan listrik atau BBM untuk pemenuhan kebutuhan air tentu akan memakan biaya yang cukup mahal. Dengan memanfaatkan energi surya sebagai tenaga alternatif ini, Anda akan mendapatkan keuntungan biaya yang Anda keluarkan semakin berkurang.

Selain itu, sumber energi panel surya untuk kebutuhan air yang berasal dari sinar matahari juga dapat kita peroleh setiap hari secara gratis. Hal ini tentu sangat membantu anda sebagai pelaku usaha maupun petani untuk memanfaatkan energi melalui pembangkit listrik tenaga surya  ini. Hal ini menunjukan bahwa sumber energi ini sangat melimpah dan akan selalu terbarukan. 

Proses untuk mendapatkannya air melalui energi matahari yang di konversi melalui panel surya untuk menjadi listrik pun tidaklah sulit. Anda bisa mendapatkan sinar matahari terbaik saat pagi hari hingga menjelang sore hari. Saat itulah sinar matahari bisa didapat secara melimpah. Dan tentu Anda bisa menyimpan energi matahari yang sudah di dapat mealui sebuah baterai untuk kemudian Anda gunakan arus listriknya dalam pemenuhan kebutuhan air untuk aktivitas yang Anda jalankan.

Sehingga, pompa air dengan tenaga panel surya ini adalah pilihan yang sangat tepat dan ekonomis bagi Anda. Hal ini karena Anda tidak harus menggantungkan diri pada sumber listrik lainnya yang dinilai akan banyak mengeluarkan biaya dan dampaknya terhadap lingkungan yang tidak baik. Bagi petani, Hal ini juga tidak akan memberikan beban yang besar untuk melakukan perawatan pada pompa air dengan tenaga surya tersebut dan akan lebih banyak memiliki waktu untuk mengurus sawahnya dengan lebih baik.

Pompa Air Tenaga Surya Beroperasi Secara Otomatis

Ketika Anda menggunakan tenaga surya sebagai penggerak pompa air untuk kebutuhan air Anda, Anda bisa melakukan setting agar pompa dapat terus beroperasi secara otomatis. Hal ini bisa dilakukan karena pompa air dengan menggunakan tenaga surya ini juga bisa beroperasi dengan energi gratis dari sumber matahari. Ketika cuaca terik, Anda tentu akan mendapatkan pasokan energi yang sangat melimpah. 

Sedangkan ketika musim penghujam, untuk pemenuhan kebutuhan irigassi Anda, Anda tidak perlu risau karena tanaman Anda sudah mendapatkan pasokan air dari air hujan. Tentu sebuah inveertasi dengan nilai ekonomi yang sangat tinggi bukan. Selain itu, pemanfaatan PLTS untuk pemenuhan kebutuhan air juga tidak terbatas hanya pada penyediaan air untuk kebutuhan rumah tangga. 

Pemanfaatan PLTS untuk kebutuhan air juga dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan air untuk pertanian, peternakan dan perikanan darat. Lebih jauh lagi, pemanfaatan pembangkit listrik tenaga surya ini juga dapat dikategorikan sebagai pompa air tanpa listrik. Karena memang, dalam pengoperasiannya pompa ini tidak membutuhkan listrik agar dapat bekerja.

Nah diatas merupakan berbagai manfaat dan keuntungan yang bisa Anda dapatkan jika Anda menggunakan pembangkit listrik tenaga surya untuk kebutuhan pemenuhan air. Jika Anda ingin berkonsultasi dan berniat untuk melakukan pemasangan PLTS, SolarKita merupakan pilihan terbaik bagi Anda. Dapatkan harga dan penawaran yang sangat menarik. Salam hijau teman-teman.

Share

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

More Posts