Ketahui, ini dia Berbagai Pilihan Cara Kepemilikan PLTS Atap dari SolarKita

PLTS atau kepanjangan dari Pembangkit listrik tenaga surya merupakan sistem pembangkit listrik yang bersumber dari radiasi matahari melalui konversi sel fotovoltaik. Sistem fotovoltaik akan mengubah sumber energi dari radiasi sinar matahari menjadi listrik yang dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga maupun industri sehari-hari. 

Semakin tinggi intensitas radiasi  matahari yang dihasilkan melalui sel fotovoltaik, maka semakin tinggi pula daya listrik yang dihasilkannya. Melihat kondisi penyinaran matahari di Indonesia yang terletak di daerah tropis dan berada di garis khatulistiwa, Pembangkit listrik tenaga surya menjadi salah satu teknologi penyediaan tenaga listrik yang potensial untuk diaplikasikan di berbagai sektor yang ada.

Melihat perkembangan Pembangkit listrik tenaga surya atap di Indonesia, Pemerintah melalui Peraturan Menteri ESDM tentang PLTS atap, berharap bahwa banyak lapisan  masyarakat yang memasang PLTS atap. Dalam proses perkembangannya, upaya dorongan pemasangan PLTS Atap ditujukan sebagai bagian dari pengembangan energi baru terbarukan yang ramah lingkungan dan hemat biaya.

Dukungan pemerintah pun muncul sebagai upaya pengembangan pembangkit listrik yang sangat potensial apabila dikembangkan melalui sektor industri bisnis maupun sektor rumah tangga. Sebelum membahas terkait berbagai pilihan cara kepemilikan PLTS Atap dari perusahaan pemasangan PLTS Atap terpercaya SolarKita, alangkah lebih baiknya Anda mengetahui bagaimana cara memasang PLTS Atap.

Memasang PLTS Atap

Dengan diterbitkannya Peraturan Menteri ESDM tentang PLTS atap, pemerintah mendorong penggunaan PLTS Atap sebagai upaya mengurangi emisi karbon serta sebagai upaya dalam memanfaatkan tenaga alternatif pembangkit listrik tenaga surya untuk mengurangi biaya yang Anda keluarkan untuk kebutuhan listrik pada usaha yang Anda jalankan. 

Di bawah ini adalah panduan singkat proses pendaftaran dan pemasangan PLTS atap dari perspektif pelanggan PLN atau pemiliki rumah/bangunan/gedung. 

1. Memeriksa kondisi bangunan

Langkah pertama yang bisa Anda lakukan adalah memastikan apakah ada bagian atap, dinding atau lahan parkir Anda yang dapat dipasang panel surya dan tidak terhalang oleh sesuatu yang dapat menghambat sinar matahari. Jika atap datar, pemasangan panel surya tentu akan lebih mudah. 

Jika atap pada bangunan Anda miring pada sisi utara dan selatan, pemasangan panel surya pada sisi utara dan selatan tentu akan lebih optimal. Jika atap miring pada sisi timur dan barat, maka mungkin diperlukan tambahan konstruksi penyangga panel surya agar PLTS Atap dapat berfungsi optimal dalam menyerap sumber energi matahari.

2. Memeriksa dan Mengkomunikasikan Rencana Pemasangan PLTS Atap

Hal kedua yang bisa Anda lakukan adalah memeriksa serta mengkomunikasikan rencana pemasangan PLTS Atap kepada pihak jasa pemasangan PLTS Atap terpercaya. Anda juga bisa mengkomunikasikan hal ini melalui PLN. 

Dalam hal ini, Catatlah nomor ID pelanggan anda. Informasikan kepada pihak jasa penyedia pemasangan PLTS Atap bahwa anda berencana memasang PLTS atap. Tanyakan persyaratan untuk memasang PLTS atap pada rumah atau bangunan Anda. Misalnya, pelanggan dengan PLTS atap harus merupakan pelanggan pasca bayar. 

Jika Anda adalah pelanggan pra-bayar, maka dalam proses pendaftaran PLTS atap akan dilakukan perubahan menjadi pelanggan pasca bayar. Mintakan formulir-formulir terkait yang perlu dilengkapi dalam proses pengajuan pemasangan PLTS atap. Dalam hal ini Anda dapat berkonsultasi dengan SolarKita sebagai jasa pemasangan PLTS Atap professional.

3. Memilih Jasa Pemasangan PLTS Atap Terpercaya

Setelah melakukan proses-proses diatas, Anda pasti memerlukan jasa pemasangan PLTS Atap terpercaya untuk menangani pemasangan PLTS Atap Anda. Dalam hal ini SolarKita hadir sebagai perusahaan pengembang sistem Panel Surya yang fokus di sektor perumahan. SolarKita berkomitmen untuk memberikan services serta pelayanan terbaik untuk Anda. Anda tentu dapat berkonsultasi terlebih dahulu sebelum melakukan pemasangan PLTS Atap. Selain itu, SolarKita juga memberikan layanan Survey, Instalasi Sistem, Pemantauan dan Perawatan PLTS Atap.

Sistem Kepemilikan PLTS Atap di SolarKita

Setelah mengetahui bagaimana proses awal dalam pemasangan PLTS Atap. Anda tentu perlu mengetahui bagaimana berbagai pilihan cara kepemilikan PLTS dari penyedia layanan PLTS Terpercaya, yaitu SolarKita. Hal ini tentu berguna bagi Anda dalam menentukan perencanaan dari segi finansial untuk menghemat pengeluaran pada pemasangan PLTS Atap Anda. 

SolarKita sebagai perusahaan terbaik pengembang PLTS Atap, berkomitmen dalam membantu Anda sebagai pelanggan kami untuk menentukan berbagai cara kepemilikan PLTS Atap. Hal ini tentu sangat berguna bagi Anda dalam menentukan serta mengatur finansial yang Anda miliki dengan kebutuhan listrik jangka panjang melalui panel surya atap, serta layanan yang akan Anda dapatkan melalui servise terbaik kami. Adapun pilihan kepemilikan PLTS Atap dari SolarKita antara lain :

1. Full Purchase

Full Purchase merupakan sistem kepemilikan PLTS Atap dari SolarKita yang dilakukan melalui pembayaran penuh sesuai dengan biaya telah disepakati secara tunai. Dalam sistem kepemilikan PLTS Atap Full Purchase ini, Status kepemilikan dari PLTS Atap akan 100% langsung menjadi milik Anda. Meski dalam sistem kepemilikan PLTS Atap ini Anda membayar penuh biaya didepan, Anda tentu tidak perlu memikirkan biaya selanjutnya untuk investasi listrik Anda. 

Dalam sistem kepemilikan ini, Anda juga tidak perlu mengeluarkan biaya per bulan untuk pengeluaran listrik yang dapat mengganggu pengeluaran finansial Anda. Dengan sistem kepemilikan PLTS Atap ini, Anda akan mendapatkan fasilitas layanan perawatan panel surya terbaik dari SolarKita melalui layanan SolarKita Care. Anda juga akan mendapakan garansi penuh dari program kepemilikan PLTS Atap full purchase ini.

2. Financing Program

Salah satu terobosan kepemilikan PLTS Atap yang dilakukan SolarKita adalah Program pembelian perangkat PLTS atap dengan sistem kredit, atau dengan kata lain dapat dilakukan dengan cara diangsur. Fasilitas dari SolarKita ini tentu diperuntukan bagi Anda yang ingin memiliki PLTS Atap namun dengan kondisi keuangan yang terbatas. Dalam hal ini SolarKita memberikan solusi dengan investasi yang lebih kecil, yaitu minimal 10% dari keseluruhan biaya pemasanga PLTS Atap namun dengan fasilitas yang sama dengan sistem kepemilikan full purchase.

Sistem cicilan PLTS Atap dari SolarKita juga merupakan sistem yang sangat menguntungkan, yaitu tenor cicilan yang bisa Anda bayar 1 hingga 5 tahun. Dengan sistem kepemilikan PLTS Atap ini, Anda juga tidak perlu khawatir dengan pelayanan yang didapatkan. Tentu Anda akan mendapatkan layanan perawatan panel surya terbaik dari SolarKita melalui SolarKita Care. Serta garansi PLTS Atap dari program cicilan ini. Kontrak kerjasama dari SolarKita melalui cicilan akan berlaku selama waktu tenor cicilan berlangsung. 

3. Sistem Kepemilikan PLTS Atap Rent-to-own

Sistem Kepemilikan PLTS Atap Rent-to-own merupakan sistem kepemilikan PLTS Atap dari SolarKita yang diperuntukan bagi sebuah perusahaan untuk keperluan bisnis maupun industri besar yang Anda miliki. Dalam sistem ini, Perusahaan tidak perlu melakukan investasi di awal, hal ini karena dalam sistem Rent-to-own, status kepemilikan PLTS Atap adalah dengan menggunakan sistem sewa.

Sistem ini tentu akan sangat mengutungkan bagi perusahaan Anda yang ingin bekerja sama dengan SolarKita dalam kurun waktu jangka panjang. Sedangkan untuk jangka waktunya sendiri yaitu maksimal 20 tahun. Sebagai penyedia layanan terbaik pengembang PLTS Atap, SolarKita akan memberikan servise serta layanan terbaik bagi perusahaan Anda. Perusahaan Anda akan mendapatkan layanan perawatan panel surya dari SolarKita melalui SolarKita Care. Serta garansi untuk sistem PLTS Atap perusahaan Anda dari sistem Rent-to-own ini.

Share

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

More Posts

Sebelum Pasang Panel Surya, Perhatikan 3 Hal Ini

Panel Surya merupakan investasi jangka panjang yang dapat mempengaruhi aspek kehidupan anda di rumah, Tidak seperti sumber listrik pada umumnya, dengan Panel Surya anda dapat memproduksi listrik secara mandiri di rumah.