Mengapa Menggunakan Sistem PLTS Atap Bisa Menghemat Pengeluaran?

PLTS Atap memang telah terbukti mampu menjadi sumber energi alternatif yang ramah lingkungan. Penggunaan panel surya pada atap bangunan dapat memproduksi energi listrik tanpa menimbulkan polusi udara. Namun, bagaimana dengan manfaat ekonomisnya? Benarkah penerapan sistem PLTS Atap bisa menghemat pengeluaran? Untuk mengetahui jawabannya, mari simak penjelasan berikut ini.

Hemat listrik PLN hingga 30%

Pada penghitungan yang dilakukan Direktorat Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi Kementerian ESDM, diketahui bahwa penggunaan PLTS Atap ternyata mampu menghemat tagihan listrik PLN hingga 30%.

Hal ini bisa terjadi karena PLTS Atap berpotensi menghasilkan kelebihan daya. Nah, kelebihan daya tersebut dapat diekspor oleh pelanggan ke PLN. Selanjutnya, PLN akan menyimpan daya listrik yang dihasilkan PLTS. Pasokan listrik tersebut kemudian akan dikonversi menjadi sebuah benefit yang menguntungkan pelanggan.

Dari proses ekspor listrik tersebut, pelanggan berhak atas potongan harga untuk pembayaran tagihan di periode selanjutnya. Jadi, jika dihitung kembali, tagihan listrik akan lebih hemat.

PLTS Atap On Grid buat tagihan listrik semakin murah

On-grid merupakan salah satu tipe PLTS Atap yang umum digunakan di Indonesia. Sistem instalasi on-grid memungkinkan PLTS terhubung dengan aliran listrik dari PLN. Cara kerjanya adalah dengan memanfaatkan teknologi inverter. Melalui inverter arus listrik DC yang dihasilkan, PLTS diubah menjadi arus listrik AC sehingga dapat masuk ke jaringan utilitas PLN.

Proses transfer listrik dari PLTS ke jaringan listrik PLN ini telah diatur dalam  Peraturan Menteri ESDM Nomor 49 Tahun 2018 tentang Penggunaan Sistem PLTS Atap oleh Konsumen PLN. Aturan tersebut menyatakan bahwa konsumen PLN yang memiliki instalasi PLTS berhak melakukan “ekspor-impor listrik” dengan jaringan listrik PLN. Pengaturan biaya kapasitas pelanggan pun telah diatur dengan jelas dalam Peraturan Menteri ESDM Nomor 1 Tahun 2017.

Daya PLTS Atap memotong tagihan listrik sebesar 65%

Lalu, seberapa besar potongan yang bisa didapat dari proses ekspor-impor listrik ini? Jika mengutip Peraturan Menteri ESDM Nomor 49 Tahun 2018, pelanggan bisa mendapatkan potongan maksimal 65% dari total daya yang dihasilkan PLTS.

Perhitungan ini seluruhnya mengikuti nilai daya listrik (dalam satuan kWh) ekspor yang tercantum pada meteran ekspor-impor PLN dan kemudian dikalikan 65%. Jadi, katakanlah sistem PLTS di rumah Anda menghasilkan daya sebesar 100 kWh, maka jumlah potongan yang bisa didapatkan untuk tagihan di bulan selanjutnya adalah maksimal 65 Watt.

Biaya pemasangan terjangkau

Salah satu alasan mengapa masyarakat masih belum terlalu familiar dengan PLTS adalah karena minimnya informasi. Banyak yang beranggapan bahwa biaya pemasangan PLTS Atap akan memakan banyak biaya. Namun, benarkah demikian?

Biaya pemasangan PLTS pada bangunan akan dihitung berdasarkan kebutuhan listriknya. Pada bangunan rumah yang tidak digunakan untuk kegiatan usaha, biasanya tidak memerlukan banyak listrik. Dengan begitu, jumlah panel surya yang diperlukan pun tidak terlalu banyak, sekitar 7-8 kilowatt peak (kWp) saja sudah cukup.

Jika masih terasa memberatkan, sekarang penyedia layanan pemasangan PLTS Atap pun menyediakan opsi pembiayaan. Salah satunya adalah SolarKita. Melalui program pembiayaan, pelanggan bisa mencicil biaya pemasangan instalasi PLTS. SolarKita juga menawarkan pembiayaan dengan bunga ringan serta tanpa uang muka.

Mekanisme pemasangan PLTS mudah

Keuntungan lain dari PLTS adalah mekanisme pemasangan yang tidak terlalu rumit. Meski jika dilihat sekilas instalasi PLTS terlihat rumit, proses pemasangannya sendiri cukup mudah. Anda bahkan tidak perlu merombak bangunan untuk memasang sebuah instalasi PLTS di rumah.

Di SolarKita, mekanisme pemasangan PLTS bahkan tidak sekadar mudah, tapi juga nyaman bagi pelanggan. Untuk mendapatkan keuntungan terbaik dari sistem PLTS, SolarKita menyediakan layanan konsultasi serta performance monitoring and maintenance. Jadi, Anda tidak perlu kesulitan dalam pemasangan hingga perawatan instalasi PLTS di rumah.

Dari sini, bisa disimpulkan bahwa penggunaan PLTS Atap sangat menguntungkan. Selain ramah lingkungan, sistem PLTS juga bisa mendatangkan keuntungan ekonomis berupa penghematan tagihan listrik.

Ingin mulai menikmati segala manfaat PLTS? SolarKita siap membantu Anda. Dengan menerapkan end-to-end services, SolarKita selalu memastikan kenyamanan Anda dalam penggunaan PLTS Atap. Klik di sini untuk informasi lebih lanjut!

Share

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

More Posts

Pentingnya Memakai Energi Alternatif

Energi Alternatif adalah semua energi yang bertujuan untuk menggantikan bahan bakar konvensional. Energi alternatif ini juga biasa disebut dengan istilah energi terbarukan.