Cara Menghitung Kebutuhan Kapasitas Sistem PLTS Atap Rumah Anda

Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Atap kini semakin digemari berbagai kalangan. Menggunakan PLTS Atap tak hanya bisa membantu mengurangi pembayaran listrik ke PLN, tapi juga menjaga lingkungan dengan menggunakan energi terbarukan. 

Namun, sebelum mulai menggunakannya, ada baiknya Anda mengerti cara menghitung kapasitas sistem PLTS Atap rumah Anda. Jangan sampai asal-asalan membeli keperluan PLTS Atap yang berujung pemborosan karena belum tentu semuanya terpakai. Mari simak cara menghitung kebutuhan kapasitas sistem PLTS atap rumah berikut ini!


Hal yang perlu diperhatikan sebelum menghitung kapasitas PLTS Atap rumah

Sebelum menghitung kapasitas sistem PLTS Atap rumah, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan terlebih dulu agar nantinya tidak salah.

Menentukan besaran watt dari inverter

Untuk menentukan besaran Watt inverter yang digunakan, kita harus terlebih dahulu mengetahui kebutuhan Watt yang ingin kita backup. Contohnya, jika total kebutuhan listrik rumah kita sebesar 200 Watt/hour, maka pilihlah tipe inverter dengan daya 300 Watt/hour. Inverter ini sebaiknya lebih besar dari beban/jam, tapi tak boleh kurang dari beban/jam besaran Watt yang ada di rumah.

– Tentukan tipe baterai yang digunakan

Ada beberapa baterai yang bisa digunakan untuk mem-backup kebutuhan listrik rumah kita. Pada baterai dengan nilai 12 Volt 100Ah, misalnya, maka kemampuannya dihitung dengan rumus “P = V x I”. Berarti P = 12 x 100 = 1200. Artinya, baterai tersebut memiliki daya 1200 Watt.

Lalu, berapa lama baterai itu dapat mem-backup kebutuhan listrik rumah kita dengan total listrik rumah 200 Watt/ hour? Caranya cukup membagi kemampuan maksimal baterai dengan daya total rumah, berarti 1200 Watt dibagi dengan 200 Watt, sehingga menjadi 6 jam.


Cara menghitung kebutuhan kapasitas PLTS Atap rumah

Supaya tidak salah, begini cara menghitung kebutuhan kapasitas sistem PLTS Atap rumah secara tepat!

1. Buat data daya listrik

Untuk mengetahui kapasitas sistem PLTS Atap, cobalah buat data daya listrik dengan mendaftar elektronik yang menggunakan listrik, daya listrik yang digunakan, jumlah, serta berapa lama waktu menyalanya. Setelah semua didata, kemudian digabungkan untuk mengetahui total pemakaian daya listrik setiap harinya.

Perlu diingat, energi listrik yang dihasilkan PLTS Atap ini tak bisa digunakan 100%. Hal ini dikarenakan selama masa transmisi dari panel surya sampai akhirnya ke beban, terdapat 40% energi listrik yang hilang. Maka dari itu, perlu adanya penambahan 40% daya listrik dari total yang digunakan.

2. Tentukan jumlah solar panel yang dibutuhkan

Setelah mengetahui total daya yang digunakan, sekarang saatnya menentukan banyaknya kebutuhan panel surya untuk atap rumah kita. Untuk mengetahuinya, kita ketahui dulu apa itu Watt Peak (Wp). Wp sendiri tergantung pada besarnya atau optimal nominal Watt tertinggi yang dapat dihasilkan dari sebuah panel surya.

Untuk proses photovoltaic, di wilayah pulau jawa hanya berlangsung ± 4 jam dalam satu hari. Sehingga untuk menghitung banyaknya panel surya yang digunakan, bisa dihitung melalui pembagian total daya dengan waktu optimal. Dari sini, kita akan mengetahui panel surya dengan berapa Watt peak yang bisa kita gunakan.

Di SolarKita, tersedia Panel Surya dengan kapasitas produksi sebesar 540 Wp.Umumnya, panel surya yang dijual di pasaran memiliki daya 50 WP dan 100 WP. Katakanlah kita saat ini membeli yang 540100 WpP. Jadi, bagi saja dengan jumlah Watt Peak yang ada dengan 540100 Watt Peak, sehingga nantinya akan mendapatkan jumlah panel surya yang dibutuhkan.

3. Tentukan jumlah baterai yang diperlukan

Jika misalnya ingin menggunakan baterai 12 V 105 Ah, maka penghitungan jumlah baterai yang digunakan adalah membagi jumlah Watt per hari dengan jenis baterai yang digunakan. Dari sini, kita bisa mendapatkan jumlah baterai yang digunakan.

Sudah tahu cara menghitung kapasitas sistem PLTS Atap rumah, sekarang saatnya mulai melakukan pemasangan. Bagi Anda yang ingin mencari informasi tentang panel surya, andalkan saja SolarKita. SolarKita melayani konsultasi, survei, instalasi sistem, aktivasi sistem, bahkan hingga pemantauan kinerja dan perawatan. Jadi, mulai pertimbangkan untuk beralih ke panel surya dengan Solar Kita. Klik info selengkapnya dari Solar Kita di sini!

Share

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

More Posts

Mengenal Sistem Pembangkit Listrik Tenaga Surya On-Grid

Pemanfaatan sinar matahari untuk menjadi listrik tentu dapat dilakukan melalui berbagai cara dan sistem kerja. Melalui sistem plts atap on-grid anda bisa mendapatkan banyak manfaat serta kelebihan dalam mendapatkan listrik alternatif.