5 Tips Perawatan Panel Surya untuk Menjaga Performanya

Seperti apa perawatan panel surya yang tepat agar performanya terjaga? Bisa dibilang, perawatan panel surya tidak terlalu kompleks. Dalam pemakaiannya, panel surya tidak perlu dipindahkan atau dibongkar pasang sehingga jarang menimbulkan risiko kerusakan. Meski begitu, bukan berarti panel surya tidak perlu dirawat. Agar performanya tetap optimal, simak tips perawatan panel surya berikut ini.

  1. Lakukan pembersihan secara berkala

Sama seperti perangkat lain di rumah Anda, panel surya juga perlu dibersihkan. Pembersihan panel surya harus dilakukan secara berkala. Tujuannya adalah untuk menghindari penumpukan kotoran pada permukaan panel. Permukaan panel yang tertutup kotoran dan debu akan sulit menyerap sinar matahari.

Membersihkan panel surya tidaklah sulit. Anda tidak memerlukan alat khusus, cukup air bersih dan lap microfiber, bisa juga dengan menambahkan sedikit sabun pembersih. Idealnya, Anda disarankan untuk menggunakan sabun pembersih khusus. Namun, jika Anda kesulitan menemukannya, maka bisa menggunakan sabun cuci untuk mobil dan motor. Pastikan untuk melarutkan sabun dengan air terlebih dulu agar zat aktif sabun tidak langsung bersinggungan dengan permukaan panel.

Selain membersihkan permukaan panel, jangan lupa juga untuk mengecek komponen lainnya. Anda bisa menggunakan lap microfiber bersih untuk menyeka area yang sensitif terhadap air. Lakukan secara rutin, tidak perlu menunggu kotoran menumpuk.

  1. Jangan pakai sikat dengan material keras

Anda menemukan kotoran yang membandel di tengah proses perawatan panel surya? Hindari sikat berbulu kasar atau sabut kawat untuk mengangkat kotoran tersebut. Sebagai alternatif, gunakan sikat berbahan lembut untuk menggosok area yang tertutup kotoran membandel. Gosok perlahan dengan larutan air sabun hingga kotoran terangkat sempurna.

Sabut kawat atau sikat dengan material keras berpotensi menggores permukaan panel surya. Padahal, goresan pada panel surya akan mengganggu kinerja sel-sel fotovoltaik yang ada di dalam panel. Saat sel fotovoltaik terganggu, penyerapan sinar matahari pun tidak akan berjalan optimal lagi. Jika sudah demikian, maka umur pemakaian panel akan menjadi lebih singkat. Selain sikat dengan bulu halus, Anda juga bisa menggunakan kain yang permukaannya halus dan tidak berpori-pori besar seperti kain lap microfiber atau kain pel.

  1. Rutin periksa kabel panel surya

Tips perawatan panel surya yang berikutnya adalah memeriksa kabel panel surya secara rutin. Bagian kabel ini sering kali luput dari perhatian karena memang posisinya cenderung tersembunyi. Padahal peran kabel pun amat krusial dalam sebuah sistem panel surya. Tanpa adanya kabel, listrik yang dihasilkan panel surya tidak akan bisa digunakan pada peralatan elektronik Anda.

Untuk itu, jangan lupa untuk memperhatikan kabel panel secara rutin. Pastikan tidak ada kabel yang menutupi permukaan panel  atau menjuntai ke sembarang arah. Selain itu, cek pula bagian penyangga dan pastikan komponen tersebut bekerja dengan semestinya.  

  1. Pantau sistem kerja panel surya

Perawatan panel surya tidak akan lengkap tanpa memantau sistem kerjanya. Selain mengecek fisik panel surya, jangan lupa juga untuk mengetes performanya. Langkah ini mungkin sulit untuk dilakukan secara mandiri, karenanya Anda bisa menghubungi tim yang melakukan instalasi untuk melakukan pengecekan.

Jika Anda menggunakan jasa SolarKita untuk instalasi panel surya, tahap ini bisa dilakukan dengan mudah. Sebab, SolarKita memantau sistem kerja panel surya secara live. Anda bisa langsung melakukan pengecekan melalui website resmi SolarKita. Bukan hanya itu, tim SolarKita juga akan memberikan laporan hasil pemeriksaan yang menyeluruh mengenai kondisi panel surya Anda.

  1. Percayakan perawatan pada profesional

Menemukan keanehan atau komponen yang tidak berfungsi normal saat melakukan perawatan panel surya secara mandiri? jangan ragu untuk menyerahkan perawatan lanjutan kepada profesional. Dengan bantuan profesional, risiko terjadinya kesalahan bisa diminimalisir.

Bagi Anda pelanggan SolarKita, bisa langsung menghubungi customer service saat menemukan kejanggalan pada panel surya. Customer service SolarKita bahkan dapat dihubungi secara online. Anda juga bisa langsung terhubung dengan tim teknisi SolarKita untuk mendapatkan penanganan terbaik.

Itu dia lima tips perawatan panel surya yang bisa Anda terapkan. Jika memang merasa ragu untuk melakukan perawatan mandiri, tidak ada salahnya untuk meminta bantuan profesional. Bagi para pelanggan SolarKita, layanan perawatan telah disediakan. Anda cukup menghubungi Customer Service SolarKita untuk mendapatkan bantuan. Klik di sini untuk terhubung langsung dengan SolarKita!

Share

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

More Posts

Kenaikan Penggunaan PLTS Atap dari Tahun ke Tahun

Kementerian ESDM mencatat peningkatan kenaikan kapasitas pemasangan PLTS atap di Indonesia hingga Januari 2022 telah mencapai 51,19 megawatt peak (MWp) dari 4.974 pelanggan. Kapasitas ini terpasang hingga akhir tahun ditargetkan mencapai 450 MWp.