Rekomendasi 6 Aplikasi Mobile untuk Bantu Hemat Energi

Anda mungkin tidak sadar bahwa smartphone yang Anda gunakan bisa memberikan manfaat lebih dari sekadar berselancar internet, main aplikasi media sosial, atau telepon dan chatting. Ada sejumlah aplikasi mobile inovatif yang bisa Anda download lewat smartphone kesayangan untuk membantu melacak efisiensi energi dan menghemat tagihan listrik. Apa saja? Berikut informasinya!

Energy Cost Calculator

Sesuai namanya, Energy Cost Calculator (kalkulator biaya energi) adalah sebuah aplikasi hemat energi yang memungkinkan Anda menghitung jumlah energi yang digunakan suatu perangkat atau alat, sehingga Anda bisa memperkirakan jumlah biaya yang harus Anda keluarkan.

Anda hanya perlu memasukkan jenis alat, berapa lama Anda menggunakannya dalam jangka waktu tertentu, dan perkiraan konsumsi energi per jam (biasanya tertera pada perangkat atau kemasan). Aplikasi mobile ini kemudian akan memberi Anda biaya kasar per jam, per hari, atau per minggu dari alat tersebut.

PowerCost Monitor

PowerCost Monitor adalah direct feedback display device (perangkat tampilan umpan balik) bersifat real-time yang mengukur penggunaan listrik rumah. Aplikasi mobile ini memberi tahu berapa banyak listrik yang digunakan rumah Anda dalam satuan kWh dan harga. Umpan balik real-time sendiri mampu menghasilkan hemat energi antara 10-20%.

JouleBug

Bisa di-download lewat Google Play Store dan iOS, JouleBug mengubah sustainable living (hidup berkelanjutan) menjadi game seru. Percaya bahwa melindungi lingkungan adalah upaya kolektif, JouleBug mengubah kebiasaan ramah lingkungan menjadi permainan yang menyenangkan. 

Lewat aplikasi mobile ini, Anda bisa membagikan langkah-langkah hemat energi Anda dengan jejaring sosial, bergabung dengan komunitas lokal, menyukai dan mengomentari upaya sustainability orang lain, dan memperoleh poin serta skor pencapaian untuk melihat seberapa hemat energi Anda dibandingkan dengan komunitas Anda.

Leastric

Buat Anda yang belum tahu, Leastric adalah aplikasi hemat listrik buatan anak Indonesia yang sukses mendapat pujian dari Apple. Aplikasi mobile satu ini membantu pengguna menghemat penggunaan listrik, bukan secara langsung, namun dengan membantu perencanaan konsumsi listrik sehingga penggunaan listrik yang tidak perlu bisa dikurangi.

Solusi yang dihadirkan oleh Leastric adalah pencatatan listrik yang digunakan sehingga memungkinkan Anda membandingkan pemakaian listrik dari bulan sebulannya. Aplikasi ini mampu menilai perangkat mana yang paling boros listrik dan memonitor jumlah listrik yang sudah dipakai, sehingga Anda bisa menghindari mati listrik mendadak akibat mencolok listrik untuk alat baru.

Smappee

Mengklaim dirinya sebagai monitor energi rumah terpintar yang pernah Anda temui, Smappee hadir untuk membuat rumah Anda lebih pintar dan hemat energi. Aplikasi mobile ini berfungsi memberi tahu dengan tepat berapa banyak daya yang dikonsumsi secara real-time, di mana pun Anda berada. 

Jadi, Anda bisa melihat sekaligus berapa banyak daya siaga yang Anda gunakan dan peralatan mana yang paling banyak menghabiskan energi. Smappee membuat Anda lebih sadar energi dan dengan mudah menghemat hingga 30% biaya energi. Selain itu, Smappee juga bisa menunjukkan pasang-surut dalam produksi energi surya, bahkan mendapatkan satu SolarCoin untuk setiap MWh energi surya yang dihasilkan.

Good On You

Anda bisa menerapkan sustainable fashion dengan aplikasi Good On You. Jika ingin menerapkan gaya hidup eco-friendly, mulailah dengan menggunakan pakaian yang ramah lingkungan. Aplikasi ini sangat berguna untuk Anda karena bisa memberikan informasi tentang berbagai brand yang menerapkan konsep ramah lingkungan.

Ketik saja nama merek fashion dan Goon On You akan memberi tahu seberapa sustainable perusahaan fashion tersebut dalam hal tenaga kerja, limbah, kain, dan bahan yang dipakai. Anda juga bisa mencari merek sustainable yang direkomendasikan dengan harga wajar.

OLIO

Aplikasi mobile yang ditujukan untuk mengurangi limbah makanan ini dirancang untuk membantu setiap orang mengurangi jumlah limbah yang dibuang. Meski mungkin tampak sederhana, sebenarnya limbah yang Anda buang setiap hari memiliki jejak karbon yang sangat besar. 

Dengan OLIO, barang yang sudah tidak lagi Anda pakai bisa dipakai oleh orang lain yang membutuhkan. Jadi, jika Anda punya barang yang ingin dibuang, cukup ambil foto dan mempostingnya di aplikasi OLIO. Orang-orang yang melihat postingan bisa menghubungi Anda jika membutuhkannya. Begitu pun sebaliknya, Anda juga bisa mencari barang yang “dibuang” orang lain agar lebih hemat and sustainable

Itulah enam rekomendasi aplikasi mobile untuk bantu Anda hemat energi. Selain keenam aplikasi di atas, Anda juga bisa gunakan aplikasi dari SolarKita yang saat ini sedang dirancang untuk kebutuhan energi baru dan terbarukan, khususnya terkait ekosistem pengguna PLTS Atap.

Share

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

More Posts