Mengenal Desain Rumah Pasif yang Hemat Energi

Rumah pasif terdengar cukup asing oleh sebagian orang. Ada yang menganggap rumah pasif adalah sebuah nama bangunan, konsep bangunan, bentuk banguna,n bahkan jenis bangunan. Apakah Anda salah satu yang belum mengetahui apa itu rumah pasif? 

Rumah pasif adalah rumah yang memanfaatkan energi dari alam seperti angin dan cahaya matahari. Secara singkat, rumah pasif adalah rumah hemat energi. Kalau ada rumah pasif, ada rumah aktif dong? Tentu! Jika rumah pasif adalah rumah hemat energi, rumah aktif adalah rumah yang masih menggunakan energi aktif seperti listrik yang berasal dari pembangkit uap. Tentunya rumah pasif lebih ramah lingkungan. 

Anda tertarik untuk memiliki rumah pasif? Mari cari tahu dulu apa itu rumah pasif dan karakteristiknya berikut ini. 

Sejarah dan Syarat Pendirian Rumah Pasif

Ingin membangun rumah pasif tetapi tidak tahu caranya? Tunggu dulu, sebelum membangun rumah pasif, ada baiknya Anda mengenal lebih dulu bagaimana rumah pasif ini bisa tercipta. Ternyata, rumah pasif sudah ada sejak 3 dekade lalu. Rumah pasif diciptakan oleh Bo Adamson dari Lund University di Swedia dan Wolfgang Feist dari the Institut für Wohnen und Umwelt di Jerman sejak 1988.

Rumah pasif yang sampai saat ini banyak digemari masyarakat Eropa sudah terbukti mampu menghemat biaya penggunaan listrik mencapai 95%. Jika Anda ingin membangun rumah pasif, Anda harus mendapatkan sertifikat yang dikeluarkan oleh organisasi internasional di Jerman bernama Institut Rumah Pasif (PHI). Untuk mendapatkanya, ada beberapa kualifikasi dan kriteria bangunan, terutama tentang efisiensi energi listrik, yang harus Anda ikuti dengan saksama.

Airtightness diperlukan 50Pa untuk ventilasi, pemanas energi juga harus memenuhi kriteria dua sampai kurang dari 15kWh/㎡ per tahun atau kurang dari jumlah yang dibutuhkan yaitu 10W/㎡ beban pemanasan.

Desain Rumah Pasif yang Memanfaatkan Energi Matahari 

Rumah pasif memang dirancang secara khusus agar dapat beradaptasi dengan setiap musim agar rumah tetap terjaga kenyamanannya dan tetap menjadi lingkungan yang sehat, tanpa menggunakan energi secara berlebihan. Rumah pasif yang akan memanfaatkan energi matahari secara maksimal adalah rumah yang desain dengan beberapa kriteria seperti 3 jendela dari arah selatan (berfungsi memaksimalkan pemanfaatan energi surya) dan bangunan bergaya minimalis.

Para arsitek rumah pasif biasanya memulai desain rumah hemat energi ini dengan bentuk bangunan yang berbentuk kotak. Bangunan berbentuk kotak ini sudah termasuk dalam teknik-teknik pembangunan rumah pasif, yakni mengurangi luas permukaan bangunan rumah dan memasang banyak jendela agar bisa memaksimalkan penggunaan sinar matahari sebagai pencahayaan alami.

Setelah itu, arsitek juga melakukan beberapa trik agar bangunan masif itu tidak terkesan kaku dan dingin. Mereka menggunakan trik visual dengan cara memaksimalkan area outdoor dan menambahkan bukaan untuk mempercantik fasad. Pada dasarnya, bangunan kotak yang masif ini memang merupakan inti yang paling penting dan dasar dari setiap konsep efisiensi energi. 


Karakteristik Rumah Pasif

Rumah pasif memang dirancang untuk memiliki kemampuan menciptakan sendiri energi yang dibutuhkan, salah satunya dengan penggunaan panel surya. Oleh karena itu bangunan rumah pasif biasanya memiliki karakteristik: 

  1. Berlokasi di tempat yang mendapat sinar matahari yang cukup. 
  2. Membutuhkan instalasi yang memungkinkan pemakaian air yang ekonomis.
  3. Menggunakan material alami maupun lokal supaya biaya transportasi bahan  bangunan dapat ditekan. Penggunaan bahan plastik juga sangat dihindari.

Pun begitu dengan material interior, seperti dekorasi, lukisan, perabotan, cat, dan lain sebagainya. 

Jika Anda tertarik membangun atau bahkan sudah memiliki rumah pasif, penggunaan panel surya  dari SolarKita bisa membantu Anda untuk semakin menghemat penggunaan energi. Panel surya yang pada dasarnya menciptakan energi dari cahaya matahari akan membantu rumah pasif Anda semakin memberi kontribusi merawat dunia. 

Keuntungannya sudah pasti berlipat-lipat salah satunya hemat dalam pembiayaan listrik. Tinggal di rumah pasif dengan bantuan panel surya? Dijamin biaya listrik tidak akan pernah melonjak drastis. 

Share

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

More Posts