Cara Mudah untuk Memulai Gaya Hidup Zero Waste

Gaya hidup zero waste atau gaya hidup minim sampah saat ini mulai menjadi hal yang semakin dekat dengan millennials. Kesadaran akan adanya dampak buruk dari sampah, terutama sampah plastik, semakin menjadi tren. Bahkan, beberapa restoran populer mulai menerapkan #nostrawmovement. Apakah Anda salah satu milenial yang menjalankan gaya hidup minim sampah?

Apa itu gaya hidup zero waste? Gaya hidup zero waste merupakan suatu gerakan untuk mengurangi jumlah sampah yang dihasilkan dari aktivitas sehari-hari dengan cara berbagai cara. Contohnya menggunakan barang secara berulang, mendaur ulang, dan membuat kompos. Gaya hidup zero waste ini mampu memotivasi kita agar lebih bijak dalam membeli barang sekali pakai. Dengan begitu, hasil sampah pun semakin minim.

Jika Anda ingin menjalani gaya hidup zero waste, Anda bisa mengikuti beberapa cara berikut: 

Bawa Botol Minum Sendiri

Dewasa ini, Anda harus membawa botol minum sendiri ke mana pun Anda pergi. Hal ini bertujuan untuk mengurangi sampah plastik. Mindset yang harus diubah adalah anggapan bahwa Anda perlu membeli air dalam kemasan setiap kali bepergian. 

Pertanyaannya bukanlah apakah Anda bisa membelinya, melainkan apakah sampah plastik yang dihasilkan bisa didaur ulang? Jika Anda mengurangi penggunaan botol plastik sekali pakai dengan cara membawa botol minum sendiri, Anda sudah berhasil keluar dari posisi penyumbang sampah plastik.

Kurangi Barang yang Ada di Rumah

Menyimpan barang-barang yang sudah tidak diperlukan adalah salah satu kebiasaan buruk yang sering dilakukan banyak orang. Anda perlu mengubah hal ini jika ingin menjalani gaya hidup zero waste. Anda bisa menyumbangkan pakaian yang sudah terlalu sempit, sepatu yang sudah lama tidak Anda pakai lagi, atau membuang buku-buku yang sudah tidak lagi terpakai. Anda juga bisa mengurangi koleksi barang bekas Anda dengan cara dijual kembali, mengingat thrift shopping kini sedang booming

Pisahkan Sampah

Tak hanya cara-cara di atas, Anda juga bisa melakukan beberapa cara pengelolaan sampah secara tepat berdasarkan jenis dan sumbernya. Berikut beberapa cara untuk mengelola sampah yang tepat:

  1. Pisahkan tempat pembuangan sampah sesuai dengan jenisnya.
  2. Daur ulang sampah anorganik yang masih layak guna dan daur ulang sampah organik menjadi kompos.
  3. Pilah kembali sampai sesuai jenisnya sebelum dibuang.
  4. Buang ke tempat sampah yang telah ditentukan.

Anda bisa membuat kompos organik dari sisa makanan, sayuran, atau buah di rumah, lho. Berikut caranya: 

  1. Siapkan sampah organik.
  2. Masukkan tanah secukupnya ke dalam wadah berukuran besar yang dilengkapi penutup.
  3. Siram permukaan tanah dengan air secukupnya.
  4. Masukkan sampah organik ke dalam wadah.
  5. Tambahkan tanah ke dalam wadah.
  6. Tutup wadah dengan rapat dan biarkan sekitar tiga minggu.

Bawa Kotak Makan Sendiri

Jika membawa botol minum sendiri sudah jadi kebiasaan Anda, ini saatnya Anda juga membawa kotak makan sendiri dengan tujuan mengurangi penggunaan styrofoam, sendok garpu plastik, dan kantong plastik saat makan di luar. Tak hanya mengurangi sampah, membawa kotak makan sendiri juga bisa menghemat biaya membeli makan Anda, lho

Batasi Penggunaan Barang Sekali Pakai

Cara mudah terakhir yang bisa Anda lakukan adalah mengurangi barang sekali pakai seperti sedotan plastik atau kantong belanja plastik. Saat ini sudah banyak produk alternatif sedotan ramah lingkungan yang bisa Anda gunakan berkali-kali, seperti sedotan bambu, besi, dan silikon. Gunakan produk-produk reusable ini untuk mengurangi penggunaan barang sekali pakai agar tidak menambah tumpukan sampah yang sulit terurai. 

Begitu juga jika Anda akan berbelanja di pasar atau supermarket, usahakanlah untuk membawa tas belanja sendiri dari rumah. Anda juga bisa menolak kantong plastik yang diberikan oleh petugas dan memasukan belanjaan ke dalam tas yang sudah dibawa, atau menolak kantong plastik jika belanjaan Anda tidak banyak dan masih bisa digenggam tangan. 

Gaya hidup zero waste ini sangat baik bagi keberlangsungan Bumi. Begitu juga dengan pemakaian energi solar yang mampu mengurangi emisi gas rumah kaca. Jika Anda ingin membantu menjaga kondisi dunia, sangat dianjurkan Anda melakukan gaya hidup zero waste ditambah memakai energi solar bersama SolarKita.

Share

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

More Posts