Peduli Lingkungan dengan Cara Daur Ulang Sampah Plastik di Rumah

Tidak bisa dipungkiri bahwa plastik menjadi barang yang sulit untuk dihindari. Hampir 90% barang yang kita beli atau pakai terbuat dari plastik, atau menggunakan kemasan plastik. Namun, seperti yang kita ketahui bahwa plastik adalah bahan yang butuh ratusan tahun untuk terurai secara alami. Hal ini menyebabkan terjadinya penumpukan sampah plastik yang sudah tidak digunakan lagi.

Dalam rangka mengurangi penumpukan sampah plastik, diberlakukan sistem daur ulang di mana sampah plastik disulap supaya masa pemakaiannya lebih panjang. Untuk membantu daur ulang sampah plastik di rumah Anda, bisa dicoba beberapa tips di bawah ini:

  • Pisahkan sampah organik dan anorganik

Sampah organik berasal dari makanan yang Anda konsumsi seperti sayur dan buah, sementara sampah anorganik adalah sampah berupa plastik, kertas, dan lainnya. Memisahkan dua jenis sampah ini selain dapat membantu proses daur ulang sampah plastik, juga membantu untuk mengurangi bau sampah yang tidak sedap.

  • Menyulap sampah organik menjadi pupuk kompos

Setelah Anda menyisihkan sampah anorganik untuk didaur ulang, sampah organik bisa Anda gunakan sebagai pupuk kompos bagi Anda yang hobi berkebun.

  • Kurangi pemakaian plastik

Hal paling sederhana yang bisa Anda lakukan untuk mengurangi jumlah sampah plastik adalah mengurangi penggunaan plastik di kehidupan sehari-hari. Mulai dengan pergi berbelanja menggunakan tas kain atau membawa alat makan sendiri ketika pergi makan ke restoran.

Selain ketiga tips di atas, masih banyak ide-ide lain untuk mengatasi masalah sampah plastik di rumah Anda. Beberapa contoh ide daur ulang sampah plastik yang bisa Anda lakukan:

  1. Mengirimkan Sampah Plastik ke Bank Sampah

Anda bisa mencoba mengirimkan sampah plastik rumah ke bank sampah terdekat. Bank sampah ini merupakan gagasan dari Unilever untuk menanggulangi masalah sampah plastik. Cara kerjanya mirip dengan bank biasa. Namun, barang yang disetor bukanlah uang melainkan sampah.

Sampah yang disetor ini nantinya akan dicatat oleh petugas dan diubah menjadi tabungan uang. Tak perlu bingung mencari bank sampah, kini sudah tersedia lebih dari 2.800 bank sampah yang tersebar di seluruh Indonesia dan lokasinya bisa Anda cari secara online.

  1. Botol Plastik untuk Berkebun

Bagi Anda yang punya hobi berkebun, Anda bisa daur ulang sampah plastik dengan mengubah botol plastik bekas menjadi alat berkebun seperti penyiram tanaman, rumah kaca kecil, dan pot tanaman. Agar sampah botol plastik bisa menjadi alat siram, pertama Anda harus memotong bagian bawah botol. Kemudian, buat lubang-lubang kecil di botol dan taruh botol tersebut di samping tanaman Anda. Ketika Anda menuang air ke dalam botol, air tersebut akan otomatis mengalir ke tanaman Anda. Selain itu, Anda juga bisa membuat pot tanaman cantik untuk kebun Anda.

  1. Buat Tas Belanja dari Plastik

Bagi para ibu rumah tangga yang suka berbelanja ke pasar atau supermarket, bungkus plastik yang menumpuk di rumah bisa Anda sulap menjadi tas belanja. Mengingat peraturan pemerintah yang sudah melarang penggunaan kantong plastik di banyak pusat perbelanjaan, hasil daur ulang sampah plastik ini bisa menjadi barang yang sangat berguna untuk Anda. 

Tas belanja ini pun bisa Anda pakai berkali-kali, sehingga akan menghemat pengeluaran Anda. Untuk mendapatkan tas belanja ini, sisihkan sampah plastik yang masih bagus bentuknya kemudian tinggal dianyam hingga membentuk tas.

Daur ulang sampah plastik ini merupakan solusi ramah lingkungan yang bisa Anda lakukan sehari-hari. Solusi ramah lingkungan lain yang bisa Anda terapkan adalah penggunaan energi terbarukan seperti energi surya matahari. Akhir-akhir ini, penggunaan energi surya matahari menjadi solusi ramah lingkungan yang cukup populer.

Energi surya didapatkan dari penggunaan panel surya yang dipasang di rumah. Selain menjadi solusi yang ramah lingkungan, menggunakan energi surya bisa membantu Anda menghemat penggunaan listrik hingga 70%. Dari aspek lingkungan pun, listrik yang dihasilkan oleh panel surya mengurangi produksi karbon dioksida ke atmosfer.Jika Anda tertarik untuk menggunakan panel surya, tak perlu mencari jauh-jauh. SolarKita merupakan salah satu penyedia panel surya terbesar di Indonesia yang sudah bekerjasama dengan pemerintah melalui PLN. Yuk, kunjungi laman resmi SolarKita untuk informasi lengkapnya.

Share

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

More Posts

Perawatan Panel Surya

Perawatan dan pembersihan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) secara rutin sangatlah diperlukan untuk memastikan kinerja PLTS selalu dalam