7 Kota Terbersih di Dunia yang Bisa Kita Contoh

Di sepanjang jalan kota-kota Indonesia, masih sering ditemukan tumpukan sampah yang dibuang sembarangan. Ditambah lagi, tumpukan sampah ini setiap tahunnya berkontribusi dalam musibah banjir akibat selokan mampet dan kali yang meluap. 

Agar bisa mewujudkan cita-cita Indonesia yang lebih bersih, tentu dibutuhkan partisipasi dari setiap lapisan masyarakat. Partisipasi seperti apa yang bisa dilakukan oleh pemerintah dan warga kota di Indonesia? Simak tips menjaga kebersihan kota dari tujuh kota terbersih di dunia di bawah ini.

Zurich

Kota terbersih di dunia yang pertama di daftar ini adalah Zurich. Zurich terkenal sebagai kota yang sepi, sunyi, dan damai sehingga banyak orang yang menganggap kota Zurich itu membosankan. Namun tidak demikian, Zurich menjadi salah satu kota yang direkomendasikan sebagai tempat tinggal idaman. Keunggulan yang dimiliki oleh Zurich adalah sistem pengolahan sampah yang dicanangkan oleh pemerintah setempat. Semakin lengkap dengan program daur ulang sampahnya yang berfokus pada penggunaan kembali produk untuk konsumsi energi yang lebih efisien.

Tokyo

Selain masuk sebagai daftar kota metropolitan terbesar di dunia, Tokyo juga merupakan salah satu kota terbersih di dunia. Tradisi membersihkan sampah sudah sangat mendarah daging di kota ini. Contohnya, jika Anda membeli makanan di minimarket, maka Anda akan diberikan kantong untuk menyimpan sampah sampai Anda menemukan tempat sempah. Hal ini karena tong sampah sedikit sulit ditemukan di Jepang. Selain itu, Jepang juga terkenal dengan budaya daur ulangnya yang hebat. Sistem daur ulang yang cukup kompleks ini wajib dilakukan oleh setiap orang yang tinggal di Tokyo.

Dubai

Kota terbersih di dunia berikutnya adalah Dubai. Mendengar nama Dubai, pasti Anda teringat oleh gedung-gedung pencakarnya seperti Burj Al-Khalifa. Tak hanya gedung pencakarnya yang terkenal, namun kebersihan salah satu kota terbesar Uni Emirat Arab ini patut diacungi jempol. Di kota Dubai, polusi visual seperti membuang sampah sembarangan atau bahkan menjemur baju di balkon apartemen bisa dikenakan denda. Hal ini mencerminkan seberapa tinggi pemerintah Dubai menjunjung faktor kebersihan kotanya.

Singapura

Mewakili Asia Tenggara, Singapura didaulat menjadi salah satu kota terbersih di dunia. Bagi Anda yang sudah pernah mengunjungi kota ini, pasti sudah hafal dengan peraturan kebersihannya yang ketat. Contohnya, membuang puntung rokok atau permen karet sembarangan di Singapura bisa dikenakan denda uang yang tinggi. Demi menjaga kebersihan, sejumlah CCTV dipasang di berbagai sudut kota untuk mengawasi warga dan turis agar tidak membuang sampah sembarangan.

Vienna

Terkenal sebagai ibukota musik, Vienna juga merupakan salah satu kota yang terkenal akan kebersihannya. Setiap tahun, kota ini selalu menduduki salah satu peringkat teratas kota terbersih di dunia. Demi menjaga kebersihan kotanya, pemerintah setempat bahkan membuat kesepakatan dengan seniman jalanan lokal untuk tidak mencoret-coret gedung di sepanjang jalan Vienna. Para seniman jalanan ini malah diberikan tempat khusus untuk menyalurkan ekspresi seni mereka, yaitu Kanal Danube.

Calgary

Kota yang berada di provinsi Alberta, Kanada ini sering bersaing dengan Vienna dalam menduduki peringkat teratas kota terbersih di dunia. Tak heran jika Calgary didaulat menjadi salah satu most liveable city in the world. Pemerintah setempat sangat ketat dalam mengatur sistem pembuangan limbah, daur ulang sampah, air bersih, hingga kualitas udara.

Minsk

Kota terbersih di dunia terakhir di daftar ini adalah Minsk. Ibukota dari Belarus ini mungkin terdengar sedikit asing di telinga Anda. Belarus sendiri merupakan salah satu negara yang dulunya termasuk ke dalam Uni Soviet. Dalam rangka menjaga kebersihan kota, pemerintah lokal Belarus menempatkan petugas kebersihan berdedikasi di setiap stasiun kereta.

Itulah 7 kota terbersih di dunia. Salah satu faktor penting yang membantu membuat kota-kota ini tetap bersih adalah penggunaan energi alternatif terbarukan atau renewable energy. Penggunaan energi terbarukan ini telah terbukti mampu membantu mengurangi limbah. Contohnya, kota Dubai. Untuk menjaga kebersihan di dalam kota, pemerintah Dubai berambisi untuk membangun lingkungan mandiri bertenaga solar.
Jangan khawatir, penggunaan energi alternatif seperti energi solar tidak hanya ada di kota seperti Dubai saja. Anda pun bisa mengaplikasikan penggunaan energi solar dengan menggunakan panel solar dari SolarKita. Dengan menggunakan panel solar, Anda tidak hanya akan menghemat pemakaian listrik Anda tapi juga membuat rumah Anda menjadi ramah lingkungan. Yuk, kunjungi laman SolarKita sekarang dan dapatkan panel solar untuk rumah Anda!

Share

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

More Posts