5 Cara untuk Merintis Bisnis Ramah Lingkungan, Banyak Untungnya!

Bisnis ramah lingkungan sudah bukan lagi sekadar fase atau tren, namun juga sebuah bentuk kepedulian Anda terhadap lingkungan sekitar. Tentu saja mengubah bisnis yang dimiliki agar menjadi lebih ramah lingkungan tidaklah mudah untuk dilakukan. Namun, tidak ada salahnya jika Anda mencoba melakukannya dari sekarang. Bagi Anda yang tertarik untuk mendukung gaya hidup ramah lingkungan, simak lima cara sederhana merintis bisnis ramah lingkungan di bawah ini.

Memakai Kemasan Ramah Lingkungan

Langkah pertama dalam merintis bisnis ramah lingkungan adalah menggunakan kemasan ramah lingkungan. Kemasan yang bisa didaur ulang, digunakan kembali, atau terurai dengan baik adalah kemasan yang dianggap ramah lingkungan. Kemasan seperti ini biasa dilengkapi dengan desain buatan sendiri dan logo bisnis Anda, sehingga produk yang dijual terlihat lebih eksklusif. Tas belanja pengganti kantong plastik yang digunakan oleh banyak restoran adalah salah satu contohnya.

Batasi Pemakaian Kertas, Beralih ke Platform Digital

Jika bisnis yang Anda punya sebelumnya mengandalkan kertas, cobalah untuk membatasi pemakaiannya agar kertas tidak terbuang percuma. Kegiatan WFH atau work from home yang diterapkan oleh banyak kantor sejak awal tahun lalu membuktikan bahwa paperless environment bisa dicapai.

Alih-alih mencetak dokumen, Anda bisa menggunakan platform digital seperti Google Drive untuk membagikan dokumen Anda ke rekan kerja. Platform digital ini juga bisa digunakan oleh konsumen produk Anda. Beberapa toko dan restoran di Jakarta misalnya sudah berhenti mencetak resi pembelian. Sebagai gantinya, resi pembelian akan dikirimkan ke pembeli melalui SMS atau email.

Menggaet Partner Bisnis yang Tepat

Agar bisnis ramah lingkungan, sebisa mungkin pilihlah partner bisnis yang memiliki visi misi yang sama dengan usaha Anda. Selain untuk memastikan bahwa produk atau layanan yang Anda tawarkan benar-benar ramah lingkungan, partner bisnis yang tepat bisa melakukan kolaborasi dengan bisnis Anda dalam memberikan edukasi kepada konsumen mengenai pentingnya industri hijau dan manfaatnya bagi masa depan.

Gandeng Usaha Lokal

Jika Anda memiliki usaha berbentuk restoran atau menjual produk segar, untuk memastikan bisnis ramah lingkungan, maka Anda bisa menggandeng petani lokal sebagai supplier bahan dasar berupa sayur atau buah organik. Apalagi akhir-akhir ini tren makanan organik sudah semakin diminati. Dengan mempromosikan bahwa produk Anda menggunakan produk lokal yang ramah lingkungan, kepercayaan konsumen akan semakin meningkat. Ditambah lagi dengan menggunakan produk hasil petani lokal, secara langsung bisnis Anda membantu meningkatkan perekonomian nasional.

Beralih ke Sumber Energi Alternatif

Energi alternatif yang dimaksud di sini adalah energi yang tidak berasal dari pembakaran bahan bakar fosil, melainkan dari sumber energi terbarukan yang bersih seperti matahari, tenaga air, angin, dan panas bumi. Saat ini, energi alternatif yang diperoleh dari matahari menjadi pilihan yang paling populer.

Energi terbarukan dari sinar matahari berasal dari pemasangan panel surya di properti bisnis Anda. Salah satu penyedia panel surya yang terpercaya di Indonesia adalah SolarKita. Panel surya dari SolarKita membantu properti bisnis Anda dalam mengurangi produksi CO2 yang lepas ke udara. Selain ramah lingkungan, panel surya juga bisa membantu menghemat biaya listrik. Untuk informasi lebih lengkap, silahkan kunjungi laman resmi SolarKita disini.

Dengan beralihnya bisnis Anda menjadi lebih ramah lingkungan, tentunya Anda akan menuai banyak manfaat positif ke depannya. Berikut dua dari sekian banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan dari bisnis ramah lingkungan:

  1. Dari Segi Kesehatan

Bisnis ramah lingkungan akan memberikan dampak positif bagi kesehatan Anda dan konsumen produk Anda. Misalnya dengan menggunakan sayuran dan buah-buahan organik yang dihasilkan oleh petani lokal, maka produk yang Anda jual terjamin tidak menggunakan pestisida atau bahan kimia lain.

  1. Dari Segi Keuangan

Siapa sangka kalau bisnis ramah lingkungan juga membawa dampak positif bagi keuangan bisnis. Sebagai contoh, olahan sampah dapur organik bisa Anda gunakan sebagai pupuk kompos. Pupuk kompos ini bisa Anda gunakan sendiri di kebun Anda atau dijual secara online.

Selain dua manfaat yang telah disebutkan di atas, dengan memiliki bisnis ramah lingkungan, Anda memiliki andil dalam menjaga keberlanjutan lingkungan baik di sekitar Anda ataupun secara luas. Lingkungan yang bersih dan sehat tidak hanya akan dinikmati oleh Anda saja, namun juga oleh generasi mendatang. Ingatlah bahwa tindakan sekecil apapun tetap akan memberikan dampak positif pada lingkungan sekitar Anda.

Share

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

More Posts

Konstribusi SolarKita dalam Pengembangan PLTS

SolarKita turut berperan aktif dalam pengembangan PLTS di Indonesia. Kontribusi ini dilakukan dengan membantu pemasangan PLTS Atap dan memberikan program pemanfaatan energi surya. Tercatat, PLTS terpasang mencapai 1.522.960 Wp dengan jumlah produksi listrik 1.275.92 MWh.