Rayakan Hari Lingkungan Hidup Sedunia dengan 5 Aksi Ini

Setiap tahunnya, Hari Lingkungan Hidup Sedunia atau yang dalam bahasa Inggris dikenal sebagai World Environment Day, diperingati setiap tanggal 5 Juni. Sejak pertama kali dirayakan pada tahun 1974 di Amerika Serikat dengan tema “Hanya Satu Bumi,” hingga kini berbagai negara menjadi tuan rumah untuk merayakan Hari Lingkungan Hidup Sedunia setiap tahunnya.

Tahun ini, salah satu acara tahunan terbesar yang diselenggarakan oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) ini mengangkat tema “Restorasi Ekosistem” di mana Pakistan bertindak sebagai tuan rumah. Tidak perlu jauh-jauh ke Pakistan untuk ikut merayakan Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Anda bisa melakukan 5 aksi sederhana di rumah untuk merasakan euforianya.

Menanam Pohon

Salah satu cara Anda bisa berkontribusi dalam perayaan yang dibuat untuk membangkitkan kesadaran tentang pentingnya alam dan penghijauan ini adalah dengan menanam pohon. Aksi tanam pohon menjadi salah satu aktivitas mudah yang sesuai dengan tema restorasi ekosistem, yang artinya membantu pemulihan ekosistem yang telah rusak dan melestarikan ekosistem yang masih utuh.

Kondisi ekosistem yang sehat dengan keanekaragaman flora dan fauna secara langsung memberikan manfaat besar bagi kita umat manusia, seperti tanah yang lebih subur, hasil kayu dan ikan yang lebih besar, serta simpanan gas rumah kaca yang lebih besar. 

Inisiatif restorasi dapat dilakukan oleh hampir semua orang karena penyebab degradasi sangat banyak dan beragam. Pohon yang mempunyai banyak sekali manfaat, seperti mengeluarkan oksigen yang dibutuhkan manusia untuk bernafas, mengurangi jumlah limpasan air badai, mengurangi erosi dan polusi di saluran air, dan mengurangi efek banjir bisa menjadi aksi paling sederhana dalam merayakan hari lingkungan hidup sedunia tahun ini.

Bersih-Bersih Sampah

Aksi dalam merayakan hari lingkungan hidup sedunia selanjutnya adalah bersih-bersih sampah. Bukan hanya di rumah, Anda bisa bersih-bersih sampah di berbagai lokasi yang lebih umum seperti pantai, kali, atau sungai. Khususnya di kota-kota besar seperti Jakarta misalnya, sampah merupakan salah satu masalah paling besar yang dihadapi dan perlu tindakan nyata untuk diatasi.

Meskipun tidak bisa mengatasi akar masalah, bersih-bersih sampah di momen hari lingkungan hidup sedunia bisa mengingatkan tentang pentingnya menjaga lingkungan. Seperti bersih-bersih sampah di pantai, sangat bermanfaat dalam membantu mengurangi masalah yang disebabkan oleh sampah laut dan bahaya yang ditimbulkan pada kehidupan laut sebagai akibat dari polusi plastik.

Terapkan 3R

Prinsip pengurangan limbah (reducing waste), penggunaan kembali (reusing), dan daur ulang sumber daya dan produk (recycling) sering disebut “3R.” Berikut cara supaya Anda bisa turut ikut gerakan 3R:

  • Memilih untuk menggunakan barang-barang dengan hati-hati dan bijaksana agar dapat mengurangi jumlah limbah yang dihasilkan.
  • Penggunaan berulang item (barang) atau bagian dari item yang masih memiliki aspek yang dapat digunakan.
  • Mengubah bahan limbah menjadi bahan dan benda baru.

Minimisasi limbah dapat dicapai dengan cara yang efisien dengan berfokus dalam menerapkan 3R ini. Prinsip 3R membantu mengurangi jumlah sampah yang kita buang.  Prinsip ini juga mampu melestarikan sumber daya alam, ruang TPA, dan energi. Selain itu, 3R juga menghemat tanah dan uang masyarakat ketika harus membuang sampah di tempat pembuangan sampah.

Matikan Perangkat Elektronik yang Tak Dipakai

Sebuah aksi kecil yang dapat memberikan perubahan besar. Mematikan perangkat elektronik yang tak dipakai berpotensi menghemat pengeluaran dan dapat meningkatkan umur barang. Charger adalah contoh perangkat yang mungkin terlalu sering Anda gunakan, bahkan saat Anda sedang tidak mengisi daya ponsel. 

Membiasakan diri untuk mencabut charger setiap kali tidak digunakan dapat menghemat energi. Selain penghematan energi, keuntungan lainnya termasuk hunian yang lebih aman dari lonjakan listrik yang menjadi penyebab kebakaran.

Bagikan Pentingnya Menjaga Lingkungan

Ekosistem yang sehat bisa dicapai dengan memastikan kebersihan air, memurnikan udara, memelihara tanah, mengatur iklim, mendaur ulang nutrisi, dan menyediakan bahan makanan. Oleh karena itu, penting untuk membagikan pentingnya menjaga lingkungan kepada orang lain, salah satunya dengan posting di media sosial.

Sektor lingkungan berkaitan erat dengan media sosial karena dapat mendukung kampanye lingkungan serta menghubungkan orang-orang lokal dan lintas-nasional pada isu-isu lingkungan utama, seperti perubahan iklim. Media sosial juga memberikan kesempatan untuk membagikan data kualitas udara dan air kepada orang lain misalnya. Anda bisa menggunakan berbagai hashtag populer yang berhubungan dengan lingkungan untuk merayakan hari lingkungan hidup sedunia.

Itulah beberapa aksi yang bisa Anda lakukan dalam memperingati hari lingkungan hidup sedunia tahun ini. Sekecil apapun tindakan atau aksi yang Anda lakukan bisa berdampak besar jika dilakukan secara konsisten!

Share

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

More Posts