5 Alasan Menggunakan Tas Belanja Kain dan Meninggalkan Kantong Plastik

Mulai 1 Juli 2020, pemerintah DKI Jakarta sudah memberlakukan larangan pemakaian kantong plastik sekali pakai di semua pusat perbelanjaan, mulai dari toko swalayan hingga pasar bersih. Sejak saat itu, pemerintah menganjurkan ke seluruh penduduk untuk selalu membawa tas belanja saat berbelanja ke pusat perbelanjaan. Toko-toko swalayan di mall-mall besar pun sebagai gantinya menjual tas belanja kain jika pembeli tidak membawa tas belanja sendiri.

Sekarang, sudah banyak bermunculan alternatif lain yang menggantikan kantong plastik, seperti tas belanja kain ini. Selain lebih hemat karena bisa dipakai berulang kali, tas belanja kain pun ramah lingkungan. Bagi Anda yang masih memakai kantong plastik, simak lima alasan berikut kenapa beralih ke tas belanja kain akan lebih menguntungkan.

Jauh Lebih Hemat

Sebelum penggunaan kantong plastik dilarang sepenuhnya oleh pemerintah, penggunaan kantong plastik di pusat perbelanjaan dikenakan biaya minimal Rp 500 per kantong. Setelah pemakaian kantong plastik dilarang, pusat perbelanjaan pun mulai menawarkan alternatif dari kantong plastik berupa tas belanja daur ulang. Tergantung dari jenisnya, tas daur ulang ini berkisar antara Rp10.000 – Rp50.000.

Jika Anda sudah mempunya tas belanja sendiri, tentunya Anda akan menghemat pengeluaran Anda setiap kali berbelanja. Agar tas yang Anda punya lebih awet, Anda bisa memilih memakai tas belanja kain yang terbuat dari kanvas atau plastik daur ulang sebagai alternatif belanjaan Anda.

Tidak Mudah Robek

Dibandingkan dengan kantong plastik maupun kantong kertas, sudah pasti tas belanja kain jauh lebih awet daripada kedua pilihan sebelumnya. Tas yang terbuat dari kertas atau polypropylene juga tidak mampu membawa muatan yang berat sehingga cepat robek jika muatannya melebihi kapasitas. Oleh karena itu, tas belanja kain akan menjadi alternatif tas belanja yang bisa bertahan lama. Tidak perlu khawatir ketika berbelanja tas belanja akan robek dan rusak!

Tote Bag = Tren Fashion Baru

Karena pangsa pasar yang semakin besar, tas belanja kain kini hadir dalam berbagai macam desain dan motif. Bahkan, beberapa produsen menawarkan tas belanja kain yang bisa dibuat custom sesuai dengan desain yang Anda mau. Tas belanja kain bermodel tote bag, misalnya. Tas ini bukan hanya menjadi tas belanja saja, namun juga bisa jadi aksesoris di kehidupan sehari-hari Anda.

Di kalangan mahasiswa, tote bag sudah menjadi tren fashion baru. Desainnya yang cantik ditambah dengan bahannya yang ringan dan mudah untuk dicuci kembali membuat tote bag menjadi pilihan untuk pergi ke kampus atau hangout dengan teman.

Bisa Buat Sendiri

Bermodalkan mesin jahit, Anda bisa membuat tas belanja kain sendiri dengan bantuan kain perca, benang, jarum, dan contoh pola reusable bag yang bisa diambil dari internet. Selain hemat karena tidak perlu membeli tas belanja lagi, Anda juga bisa mendaur ulang pakaian-pakaian bekas Anda.

Bagi Anda yang tidak memiliki mesin jahit, tidak perlu khawatir tidak bisa membuat tas belanja kain sendiri. Sekarang ini sudah banyak jasa online pembuatan tas belanja yang desainnya bisa Anda pilih dan buat sendiri. Biayanya juga murah, ada yang di bawah Rp100 ribu saja. 

Pilihan Ramah Lingkungan

Seperti yang Anda ketahui, sampah plastik sulit terurai ketika dibuang ke alam bebas. Plastik sendiri merupakan produk olahan minyak bumi dan gas alam, sehingga memiliki rantai karbon yang sangat panjang dan sulit diurai oleh mikroorganisme alam. Ditambah lagi kebiasaan manusia membuang sampah plastik ke laut yang membahayakan ekosistem laut.

Oleh karena itu, tas belanja kain bisa menjadi alternatif yang lebih karena bisa dipakai berulang kali. Tinggal cuci saja tas belanja Anda, maka sudah bisa dipakai lagi. Tas belanja kain pun jauh lebih awet dari tas plastik yang mudah robek. 
Selain mengganti pilihan Anda dari kantong plastik ke tas belanja kain, mari mencoba solusi ramah lingkungan lain yang menguntungkan kehidupan sehari-hari Anda. Misalnya dengan menggunakan panel surya dari SolarKita. Menggunakan panel surya di rumah Anda bisa membantu menghemat listrik dan menjaga lingkungan karena panel surya tidak memancarkan emisi gas berbahaya. Selain itu, panel surya masa pemakaiannya sangat lama sehingga awet dipakai. Tunggu apa lagi, segera kunjungi laman SolarKita untuk solusi panel surya Anda!

Share

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

More Posts

Legalitas Perusahaan Solar Kita

PT. SolarKita Teknologi atau SolarKita adalah perusahaan pengembang sistem Panel Surya yang menawarkan produk tenaga listrik surya dan jasa pemeliharaannya. Berikut legalitas perusahaan Solar Kita.