Sebelum Pasang Panel Surya, Perhatikan 3 Hal Ini

Panel Surya merupakan investasi jangka panjang yang dapat mempengaruhi aspek kehidupan anda di rumah, Tidak seperti sumber listrik pada umumnya, dengan Panel Surya anda dapat memproduksi listrik secara mandiri di rumah. Selain itu, anda akan mendapatkan keuntungan yang lebih seperti penghematan biaya listrik.

Untuk mewujudkannya dibutuhkan investasi yang tidak murah di awal demi investasi masa depan yang menguntungkan. Oleh karena itu, penting untuk memilih Panel Surya dengan kualitas terbaik agar ketahanan produk lebih lama.

Setelah membaca sedikit uraian di atas, mungkin anda berpikir banyak sekali yang harus dipersiapkan sebelum memasang Panel Surya. Sebenarnya tidak serumit itu dalam mempersiapkannya, apalagi jika anda dibantu bersama installer yang tepat. Kami akan merangkum 4 hal penting yang perlu dipersiapkan dalam tulisan ini untuk mempermudah anda, simak yuk!

Tentukan Installer Panel Surya yang Tepat

Sistem Panel Surya merupakan sistem yang kompleks, tentunya installer yang dipilih harus profesional. Jika Anda salah dalam memilih Panel Surya, maka akan berpengaruh ke hasil pemasangannya seperti instalasi yang berantakan. Jika itu terjadi, akibatnya akan berpengaruh ke usia sistem,  

Lalu, bagaimana cara memilih installer yang tepat?

Anda bisa melihatnya dari sertifikasi yang dimiliki perusahaan tersebut. Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) sendiri sudah mengeluarkan sertifikasi perusahaan maupun teknisi untuk installer Panel Surya. Adapun jenis sertifikasi tersebut adalah Sertifikat Badan Usaha (SBU) Jasa Penunjang Tenaga Listrik dan Sertifikat Kompetensi Tenaga Teknik Ketenagalistrikan. Jika installer yang anda pilih sudah mendapatkan sertifikasi ini berarti dapat diandalkan.

Selain itu, pastikan dalam proses pemilihan installer kita lihat terlebih dahulu reputasinya. Caranya dengan melihat testimoni dari pelanggan lain. Testimoni biasanya terdapat pada website atau kanal media sosial perusahaan. Dari testimoni tersebut dapat terlihat bagaimana pelayanan yang diberikan perusahaan kepada pelanggannya.

Kualitas Panel Surya

Apakah anda tahu, kalau kualitas Panel Surya itu berbeda-beda? Ini dikarenakan setiap installer mendapatkan panel dari produsen yang berbeda. Untuk mendapatkan Panel Surya kualitas terbaik, anda dapat memilih installer Panel Surya yang menyediakan produk dengan efisiensi tertinggi (Tier 1). 

Kenapa harus memilih produk dengan efisiensi yang tinggi? Ini berpengaruh terhadap efektivitas kinerja dari panel tersebut. Dengan memiliki efisiensi tinggi, cahaya yang terserap akan lebih baik sehingga produksi listrik lebih banyak. Selain itu, ketahanan panel pun lebih terjamin.

Besaran Kapasitas Untuk Dapat Penghematan 

Seperti yang sudah kita bersama ketahui, Panel Surya dapat memberikan penghematan tagihan listrik kepada penggunanya. Tapi, apakah anda sudah mengetahui berapa besar penghematan yang didapatkan? Sebenarnya, anda dapat menghemat hingga 100%. Namun, kita tidak dapat memasang panel dengan kapasitas tersebut. Ini dikarenakan terdapat ketentuan kapasitas panel maksimal, yaitu sebesar daya yang terpasang. Jangan khawatir, Anda bisa melakukan konsultasi dulu dengan installer berapa jumlah penghematan yang ingin didapatkan untuk disesuaikan dengan daya Panel Suryanya. 

Walaupun sulit untuk menghemat hingga 100%, anda masih bisa menghemat dari 40% hingga 60%, lho. Tentu itu merupakan angka yang besar dan dapat digunakan sebagai investasi anda. Bahkan, jika ditambah dengan gaya hidup hemat energi, anda bisa mencapai penghematan hingga 70%. Menarik, bukan? 

Itu dia 3 hal yang perlu diperhatikan sebelum memasang Panel Surya di rumah. Jangan lupa juga untuk cek kembali 3 poin tersebut ketika memilih installer Panel Surya. Dalam menyiapkan investasi masa depan, tentu anda memerlukan persiapan yang matang demi hasil yang memuaskan.

Share

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

More Posts

Perawatan Panel Surya

Perawatan dan pembersihan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) secara rutin sangatlah diperlukan untuk memastikan kinerja PLTS selalu dalam