8 Kebiasaan yang Menyebabkan Tagihan Listrik Bulanan Membengkak

Mungkin banyak dari Anda yang sering mengalami pembengkakan tagihan listrik secara tiba-tiba. Tenang saja, Anda tidak sendirian. Banyak orang yang mengeluh tagihan listrik bulanannya tiba-tiba membengkak. Segala cara pun ditempuh untuk mengurangi tagihan listrik, seperti membatasi penggunaannya atau mengubah gaya hidup. Namun, meski sudah dikurangi, tagihan listrik bulanan ternyata masih membengkak. Kenapa, ya? Jangan-jangan, Anda masih melakukan 8 kebiasaan yang menyebabkan tagihan listrik bulanan terus meningkat tajam! Yuk, kita hindari bersama kebiasaan-kebiasaan berikut.


Lupa cabut kabel

Mari sekarang kita koreksi diri sendiri, apakah sehabis menggunakan alat elektronik, Anda sudah mencabut kabelnya? Meski sepele, ternyata lupa mencabut kabel usai digunakan dapat membuat tagihan listrik bulanan naik, lho. Misalnya, usai charging handphone atau laptop, Anda sering tidak mencabut kabel. Tanpa kita sadari, listrik tetap berjalan dan terbuang sia-sia. Jadi, usahakan untuk selalu cabut kabel usai pemakaiannya, ya!

Jarang membersihkan AC

Bagi pengguna AC, jangan sampai lalai dalam membersihkan AC! Ternyata AC yang kotor bisa jadi penyebab tagihan listrik bulanan bikin menjerit. Dikutip dari pemilik Air Doctor LLC John Collins, tingkat refrigerant yang rendah dan AC yang kotor dapat membuat biaya pengoperasian lebih mahal. Ia menyarankan untuk menjadwalkan pemeliharaan AC setidaknya setiap tahun selama 10 tahun pertama.

Mencolok dispenser 24 jam

Meminum air yang dingin memang menyejukkan tenggorokan, apalagi saat cuaca panas. Namun, itu bukan jadi alasan dispenser harus dicolok 24 jam. Meski tidak dipakai, mencolok dispenser tetap menyedot tenaga listrik. Bahkan, listrik yang tersedot untuk dispenser bisa sekitar 80 hingga 450 watt! Jadi, saat Anda dan keluarga sudah tidak menggunakan dispenser seperti saat di malam hari, sebaiknya cabut kabelnya agar lebih hemat.


Terlalu sering buka tutup kulkas

Si kecil sering buka tutup kulkas? Atau Anda sering bolak balik membuka tutup kulkas untuk mengambil bahan makanan? Mulai sekarang, coba hentikan kebiasaan ini, ya. Pintu kulkas yang dibuka tutup terus menerus ternyata menyedot daya listrik yang cukup tinggi.  Bayangkan saja, setiap 30 detik Anda membuka pintu kulkas, butuh 30 menit untuk kulkas mengembalikan suhunya. Inilah mengapa kulkas menyedot banyak listrik yang akhirnya membuat tagihan listrik bulan ini membengkak. 

Tidak menjadwalkan pompa air

Jika Anda masih menggunakan pompa air, Anda harus menerima jumlah tagihan bulanan menjadi tinggi. Apalagi kalau Anda tidak menjadwalkan pompa air. Pompa air akan otomatis mengisi saat volume air dalam tangki air berkurang. Untuk itu, gunakan pompa air otomatis yang hanya akan mengisi saat tangki air benar-benar kosong saja. Dengan begini, Anda bisa menghemat 100 watt hingga 10.000 watt per bulannya dari penggunaan pompa air.


Memakai perangkat elektronik jadul

Ternyata menggunakan perangkat elektronik jadul membuat tagihan listrik bulanan akan membengkak, lho! Perangkat elektronik jadul seperti lampu bohlam menggunakan energi listrik yang lebih banyak dibandingkan perangkat elektronik baru seperti lampu LED. Untuk itu, sebaiknya Anda mengganti perangkat elektronik jadul dengan perangkat elektronik baru yang dirancang untuk menghemat listrik.

Keuntungan lampu LED adalah menghemat listrik hingga 80%-90% dari lampu listrik biasa. Meski lebih hemat, bukan berarti lampu LED tidak terang. Kebalikannya, lampu LED bisa menyala sama terangnya atau bahkan lebih terang dari lampu bohlam non LED. Nah, untuk menghemat listrik di rumah, sebaiknya mulai beralih ke lampu LED yang lebih hemat listrik yang mampu menyelamatkan Anda dari tagihan listrik bulan ini yang membengkak.


Apa solusi jangka panjangnya?

Solusi dalam mengatasi tagihan listrik bulanan yang membengkak memang dimulai dengan menghemat penggunaan listrik. Namun, upaya ini tak cukup untuk jangka panjang. Untuk membantu Anda, mari beralih ke Panel Surya. Penggunaan Panel Surya dapat menghemat biaya listrik hingga 70%. Apalagi jika Anda memilih Panel Surya dari SolarKita untuk kebutuhan listrik di rumah Anda. 

SolarKita merupakan pengembang sistem Panel Surya yang berkomitmen dalam memberikan end-to-end services untuk Anda. Layanannya dimulai dari konsultasi, survey lokasi, instalasi sistem, aktivasi sistem, pemantauan kinerja, dan perawatan sistem Panel Surya. Bahkan, Anda bisa mengecek jumlah biaya listrik Anda yang ditekan bila menggunakan Panel Surya melalui kalkulator SolarKita

Banyak sekali manfaat yang diberikan dengan menginstal panel surya untuk perekonomian dan sumbangsih Anda dalam menjaga kelestarian lingkungan. Tunggu apa lagi? Segera hemat biaya listrik di rumah Anda bersama SolarKita!

Share

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

More Posts