10 Pembangkit Listrik Tenaga Surya Terbesar di Dunia

Isu energi baru terbarukan memang jadi topik penting yang dibicarakan akhir-akhir ini. Jadi, tidak heran jika semakin banyak negara yang mulai memanfaatkan jenis energi ini. Salah satunya dapat dilihat dari pembangunan pembangkit listrik tenaga surya di berbagai negara kini.

Berikut 10 pembangkit listrik tenaga surya terbesar yang ada di dunia. Pembangkit listrik dalam daftar ini sudah berhasil menghasilkan energi bersih yang menopang kehidupan banyak manusia di Bumi.

Noor Complex Solar Power Panel

Berada di Maroko, pembangkit listrik tenaga surya terbesar di dunia ini tepatnya berlokasi di Gurun Sahara. Aktif sejak tahun 2016, pembangkit listrik ini resmi beroperasi untuk menyediakan listrik bagi 1 juta pengguna dengan kapasitas 580 megawatt. Emisi gas karbon Maroko pun berkurang hingga ratusan ribu ton per tahun.

Kamuthi

Berlokasi di negara bagian Tamil Nadu, India, proyek ini sudah berlangsung sejak tahun 2016. Dengan kapasitas 648 megawatt pembangkit listrik ini dapat memberikan energi listrik untuk 150 ribu rumah. Area penanaman panel pun cukup luas, sekitar 10 km2. Kamuthi jadi pembangkit listrik tenaga surya terbesar yang berada di satu lokasi.

Longyangxia Dam Solar Park

Mengambil area seluas 25 km2, ada 4 juta panel surya yang terpasang di Dam Solar Park ini. Kapasitas yang dihasilkan pun sangat besar, yakni 850 megawatt. Berlokasi di provinsi Qinghai, China, setiap tahunnya ada 200.000 rumah yang memanfaatkan energi dari pembangkit listrik tenaga surya ini.

Kurnool Ultra Mega Solar Park

Juga berlokasi di India, tepatnya di Andhra Pradesh, 800 juta unit energi sudah dihasilkan dari kapasitas energi sebesar 1000 megawatt. Pembangkit listrik tenaga surya seluas 23 km2 ini juga berkontribusi pada pengurangan emisi gas karbon. Terhitung sejak 2017 sudah mengurangi 700.000 ton karbon.

Shakti Sthala

Berlokasi di distrik Tumakuru, Karnataka, India, pembangkit listrik ini terbentang di area seluas 52,2 km2 di lima desa berbeda. Ini membuat India menjadi negara yang memiliki tiga pembangkit listrik tenaga surya terbesar di dunia. Dengan kapasitas 2.000 megawatt, pembangkit listrik ini memberi daya yang cukup untuk 700.000 rumah tangga.

Topaz Solar Farm

Pembangkit listrik ini berkapasitas 580 megawatt dan menghasilkan listrik untuk 160.000 rumah tangga. Berlokasi di Dataran Carrizo, San Luis Obispo County, negara bagian California, Amerika Serikat. Topaz Solar Farm beroperasi sejak tahun 2011 di area seluas 15 km2. Instalasi panel didukung dengan kolom baja yang menahan modul setinggi 1,5 meter dari atas tanah.

Solar Star

Masih berlokasi di Amerika Serikat, pembangkit listrik tenaga surya yang satu ini dibangun di Kern, Los Angeles. Dengan luas area sebesar 13 km2, ada 1,7 juta panel surya yang terpasang. Fase instalasi dibagi menjadi dua tahap. Instalasi pertama berkapasitas 314 megawatt, sementara instalasi kedua sebesar 265 megawatt.

Ivanpah Solar

Kapasitas pembangkit listrik tenaga surya yang satu ini sebesar 392 megawatt dengan menginstal sebanyak 173.500 heliostat, beroperasi sejak tahun 2014 dan berlokasi di Gurun Mojave, tepatnya di kaki gunung Clark, California, Amerika Serikat. Sekitar 140.000 rumah tangga mendapat asupan listrik dari pembangkit listrik ini.

Ladakh Solar Farm

Sepertinya India akan segera memiliki empat pembakit listrik tenaga surya terbesar dalam waktu dekat. Berlokasi di Ladakh, proyek ini masih berlangsung dan diperkirakan akan menghasilkan kapasitas listrik sebesar 7500 megawatt di tahun 2023. Pembangkit listrik ini akan mempermudah penduduk lokal untuk akses listrik lebih baik.

Villanueva Solar Park

Area seluas 2.400 hektar ini berlokasi di negara bagian Coahuila, Meksiko. Ada lebih dari 2,3 juta panel surya yang terpasang di sini. Sejak beroperasi penuh setiap tahunnya, pembangkit listrik tenaga surya ini bisa menghasilkan lebih dari 1.700 GWh energi setiap tahunnya. 

Karena membutuhkan area yang luas untuk membuat instalasi panel surya, tidak heran kalau daftar pembangkit listrik tenaga surya di atas memiliki kapasitas yang besar pula untuk menyediakan listrik bagi banyak pengguna. 

Tenang saja, Anda tidak perlu menunggu sampai ada pembangkit listrik tenaga surya raksasa di Indonesia untuk bisa menggunakan energi terbarukan sehari-hari. Anda sudah bisa memasang instalasi panel surya atap di rumah Anda dan menikmati listrik bersih tanpa polusi secara langsung.

Share

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

More Posts

Cara Kerja Sistem PLTS Atap

Banyak masyarakan yang ingin menggunakan sistem PLTS namun masih belum mengetahui tentang bagaimana cara kerja sistem PLTS Atap