Mau Pasang PLTS Atap di Rumah? Cek Dulu 7 Hal Ini

Anda tertarik menggunakan PLTS atap? Jika ya, Anda perlu mengetahui sejumlah hal terkait pemasangan PLTS atap supaya Anda bisa memaksimalkan pemanfaatan panel surya di rumah Anda. Nah berikut ini 7 hal utama yang harus Anda tahu sebelum merencanakan pemasangan PLTS atap!

Lokasi rumah

Anda harus memastikan lokasi rumah Anda terlebih dahulu sehingga Anda bisa mengetahui daya iradiasi matahari yang akan dimanfaatkan setelah Anda memasang PLTS atap. Sebagai contoh, Anda tinggal di Kutai, Provinsi Kalimantan Timur yang lokasinya berada di atas garis khatulistiwa. Lokasi ini memiliki potensi daya matahari maksimal 4,8 kWh/hari dengan kemiringan panel surya menghadap ke selatan. 

Anda perlu ingat bahwa jika Anda tinggal di kota yang berada di bawah garis khatulistiwa, pemasangan panel surya Anda disarankan menghadap ke utara. Hal ini juga berlaku sebaliknya, panel surya sebaiknya menghadap ke selatan jika Anda tinggal di kota yang berada di atas garis khatulistiwa. Biasanya, kemiringan yang disarankan di Indonesia adalah antara 5-15 derajat.

Tipe dan kondisi atap rumah 

Tipe atap rumah tentu saja berpengaruh pada jenis struktur penyangga panel surya Anda. Pada umumnya, rumah di Indonesia menggunakan genteng keramik sehingga penyangga dapat mudah dipasang tanpa harus mengubah struktur atap Anda. 

Tak hanya tipe atap, Anda perlu mengetahui berapa luasnya atap rumah Anda dan apakah kondisinya rusak atau tidak agar pemasangan berjalan lancar tanpa kendala berarti. Setelah itu, Anda perlu mengetahui kemiringan atap agar panel surya Anda dapat menangkap sinar matahari dengan efisien. Di Indonesia sendiri, rata-rata kemiringan atap rumah adalah 30-40 derajat. Sedangkan idealnya, PLTS atap  menangkap sinar matahari dengan kemiringan setidaknya 5 derajat. 

Tidak perlu khawatir, Anda cukup memastikan adanya ruang yang bebas dari halangan dan bayangan sehingga PLTS atap dapat menerima sinar matahari dengan optimal. 

Arah atap

Selanjutnya, Anda juga perlu mengetahui arah atap agar sistem listrik bekerja secara maksimal. Di Indonesia, khususnya di pulau Jawa, sangat disarankan untuk memasang sistem PLTS atap yang menghadap ke arah utara atau ke arah garis khatulistiwa. Tujuannya adalah untuk memastikan sistem PLTS atap mampu menerima dan mengkonversikan sinar matahari secara optimal.

Cara menghubungkan PLTS atap dengan panel listrik utama

Selain struktur, Anda perlu mempertimbangkan bagaimana Anda akan menghubungan PLTS atap dengan panel listrik utama Anda. Dalam melakukan hal ini, ada beberapa hal yang perlu Anda tentukan, seperti berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk bisa sampai ke panel listrik utama, berapa biaya pemasangannya, bagaimana Anda akan menerima kredit dari listrik yang dihasilkan PLTS atap, serta kapan Anda akan mulai menerima kredit dari listrik hasil PLTS atap di rumah. Hal-hal ini bisa Anda konsultasikan pada installer PLTS atap, misalnya seperti layanan dari SolarKita

Daya listrik di rumah

Menurut peraturan PLN, Anda tidak diperbolehkan memasang sistem listrik yang kapasitasnya melebihi PLTS atap yang sudah terpasang. Jadi, mengetahui daya listrik di rumah Anda sekarang dapat membantu Anda untuk memilih jenis sistem PLTS atap. Anda pun bisa lebih mudah menghitung biaya investasi untuk instalasi PLTS atap ini. Rata-rata penggunaan daya PLN untuk rumah di Indonesia adalah 1300 VA hingga 2200 VA. Nah, untuk mengetahui daya listrik rumah, Anda bisa melihatnya pada bukti pembayaran PLN per bulannya.

Penyedia dan installer PLTS atap 

Dalam memasang PLTS atap, Anda perlu mencari kontraktor atau jasa penyedia dan tim pemasangan PLTS atap yang tepat. Anda dapat melakukan ini dengan cara menanyakan apakah mereka memiliki akreditasi dari Dewan Praktisi Energi Bersertifikat Amerika Utara (NABCEP) atau tidak. 

Sebagai saran, sebaiknya Anda memilih penyedia dan pemasang PLTS atap yang bisa bertahan untuk jangka panjang. Meskipun masih sedikit perawatan yang diperlukan, Anda tetap berjaga-jaga semisal ada kerusakan. Jadi, Anda bisa langsung menghubungi kontraktor yang tersedia untuk memperbaikinya.

Anda bisa memilih penyedia dan pemasang yang tepercaya seperti SolarKita. SolarKita akan membantu Anda memasang PLTS atap dengan sistem yang mudah, harga terjangkau, dan panel surya berkualitas baik. Anda bisa melakukan konsultasi secara online terlebih dahulu dan menentukan pembayaran dengan sistem yang Anda inginkan. 

Beli atau sewa? 

Anda perlu menentukan pilihan apakah Anda akan membeli atau menyewa. Tentu saja ada kerugian dan keuntungan tersendiri dari membeli dan menyewa. Untuk hal ini, Anda bisa melakukan konsultasi terlebih dahulu kepada tim penyedia. 

Jika Anda memilih SolarKita, Anda bisa melakukan pembelian melalui e-commerce dengan promo yang disediakan yakni potongan 10%. Pembelian ini bisa dilakukan melalui 27 bank terkemuka yang bisa Anda pilih untuk metode pembayaran. Angsurannya ringan dengan bunga 0% dan cicilan mencapai 12 hingga 24 bulan. SolarKita juga memberikan garansi dan perawatan panel gratis sebanyak 2 kali dalam setahun. 

Share

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

More Posts

Potensi Energi Terbarukan Untuk Mendorong Pertanian Indonesia

Sebagai negara agraris, Indonesia memiliki banyak potensi di bidang pertanian untuk mendukung ketahanan pangan maupun kondisi ekonomi. Untuk menjalani kegiatan pertanian, tentunya para petani membutuhkan energi untuk mempercepat prosesnya. Apa saja peran energi terbarukan untuk membantu sektor pertanian?

Kenapa PLTS?

Indonesia adalah negara yang di dominasi Pembangkit Listrik Bahan Bakar Fosil, 88% sumber energi listrik kita datang dari

Indonesia Punya Panel Surya Terbesar di Asia Tenggara

Kita patut berbangga karena Indonesia punya Panel Surya terbesar di Asia Tenggara. Proyek ini dilancarkan oleh Coca Cola Amatil (CCA) Indonesia dengan pemasangan Panel Surya seluas 72 ribu meter persegi di Cibitung, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat.