6 Masalah Pada Solar Panel Rumah yang Paling Umum Beserta Solusinya

Meski terbilang sangat efisien sebagai pembangkit listrik sehari-hari, solar panel rumah ternyata punya rentetan potensi masalah yang harus siap dihadapi oleh pemiliknya, lho. Apakah sebagai pemilik panel surya atap, Anda pernah mengalaminya? Sudah tahu solusi untuk mengatasi masalah-masalah tersebut?

Jangan dulu menyesal menggunakan solar panel rumah. Berikut ini 6 masalah solar panel rumah dan cara mengatasinya yang telah dirangkum oleh SolarKita, khusus untuk Anda. 

Cek sekring dan inverter

Setiap instalasi solar panel rumah selalu dilengkapi dengan inverter yang mengubah listrik arus searah (DC) dari panel surya menjadi arus bolak balik (AC). Jika solar panel rumah Anda stabil, lampu inverter akan menunjukkan warna hijau. Artinya, tidak ada yang bermasalah dan tidak ada yang perlu Anda perbaiki. 

Sebaliknya, jika lampu inverter berwarna kuning, merah, atau berkedip, kemungkinan besar ada masalah pada solar panel rumah Anda. Oleh karena itu, cek selalu warna inverter yang menyala. Tak hanya itu, Anda perlu rajin memeriksa saklar listrik yang bekerja mengatur aliran listrik rumah Anda. 

Adanya gangguan seperti kelebihan beban dapat membuat saklar bermasalah dan mempengaruhi pengisian daya listrik tenaga surya masuk ke jaringan.


Solar panel kotor

Solar panel rumah juga bisa bermasalah jika ada kotoran di atas permukaannya. Masalah ini cukup sederhana, namun sangat berpengaruh pada kinerja solar panel rumah Anda. Mulai dari debu, daun-daun, puing-puing, hingga kotoran burung pun mampu mengurangi efisiensi solar panel rumah dalam mengkonversikan panas dan sinar matahari menjadi listrik. 

Oleh karena itu, Anda perlu membersihkannya dengan baik dan lakukan pembersihan secara teratur. Anda bisa menyemprot solar panel rumah Anda dua atau tiga kali dalam satu tahun dengan air bersih bertekanan sedang. Jika ada bagian yang terdapat kotoran yang sudah mengeras, gunakan sapu atau alat pembersih lain dan dorong lembut untuk menghilangkannya. 


Sistem overheating

Cara berikutnya untuk mengetahui apakah solar panel rumah Anda bermasalah atau tidak adalah dengan memeriksa pemudaran panas. Solar panel rumah akan mengalami masalah seperti kinerja memburuk jika suhu di luar terlalu tinggi. Meski begitu, ini belum tentu merupakan indikasi solar panel rumah mengalami kerusakan. Kemungkinan besar, solar panel rumah Anda sedang overheating dan hanya mampu mengkonversikan sedikit daya saja. 


Panel surya retak

Bukan hal yang tidak mungkin panel surya mengalami keretakan. Biasanya, keretakan atau kerusakan panel surya terjadi karena beberapa faktor. Di antaranya adalah cuaca serta faktor lain yang berasal dari panel surya itu sendiri, seperti kelebihan muatan saat produksi listrik atau buruknya sistem pengiriman daya pada rangkaian listrik. 

Lantas, bagaimana cara mengatasinya? Anda bisa langsung melakukan pergantian jika solar panel rumah Anda yang retak bisa dilihat secara visual. Namun, jika Anda merasa bahwa retakan terjadi pada bagian dalam mikroskopik, Anda perlu tenaga ahli untuk memastikan kerusakan tersebut dan membantu Anda melakukan pergantian. 


Adanya Potential Induced Degradation (PID)

Masalah pada sistem kelistrikan solar panel rumah Anda bisa terjadi karena adanya fluktuasi atau perubahan tegangan pada panel surya. Tegangan serta kebocoran arus menjadi dua penyebab yang paling umum dari terjadinya penurunan tegangan output pada solar panel rumah Anda. 

Peran tenaga ahli sangat dibutuhkan dalam mengatasi hal ini agar tidak terjadi hal-hal yang mengancam keselamatan. Oleh karena itu, untuk mengatasinya Anda bisa panggil orang yang ahli di bidangnya atau hubungi penyedia panel surya Anda untuk menstabilkan kembali kinerja solar panel rumah Anda. 


Senantiasa awasi solar panel di rumah

Untuk mengatasi masalah-masalah di atas, Anda bisa menanggulanginya dengan cara senantiasa mengawasi solar panel rumah Anda seperti yang dijelaskan di atas. Jika solar panel rumah Anda mengalami masalah, Anda bisa mengandalkan SolarKita yang mempunyai pelayanan terbaik soal panel surya.

Ya, Anda bisa memanfaatkan after sales service dari SolarKita, dimana program ini merupakan program yang akan Anda dapatkan setelah Anda mempercayakan SolarKita sebagai jasa penyedia dan pemasang panel surya di rumah Anda.  

Jika Anda memasang panel surya bersama SolarKita, Anda akan mendapatkan pelayanan SolarKita Care, pelayanan dalam proses perawatan solar panel rumah Anda agar performanya senantiasa terjaga. 

Tertarik menggunakan panel surya atau tertarik dengan program SolarKita Care? Yuk, wujudkan mimpimu menggunakan panel surya bersama SolarKita!

Share

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

More Posts

Potensi Energi Terbarukan Untuk Mendorong Pertanian Indonesia

Sebagai negara agraris, Indonesia memiliki banyak potensi di bidang pertanian untuk mendukung ketahanan pangan maupun kondisi ekonomi. Untuk menjalani kegiatan pertanian, tentunya para petani membutuhkan energi untuk mempercepat prosesnya. Apa saja peran energi terbarukan untuk membantu sektor pertanian?