Program Pembiayaan

Sebelum Anda memutuskan untuk membeli sistem Panel Surya, ada baiknya Anda mempelajari terlebih dahulu tentang cara-cara pembelian atau program pembiayaan yang ditawarkan oleh penyedia sistem PLTS. Masalah utama dari pembelian sistem PLTS selama ini adalah tingginya nilai investasi yang harus dikeluarkan.

Namun, saat ini sudah banyak penyedia sistem PLTS yang mampu memberikan program pembiayaan sebagai solusi untuk Anda. Dengan adanya program tersebut, Anda dapat lebih mudah memiliki sistem PLTS. Apa saja jenis pembiayaan yang pada umum nya tersedia? 

 

Direct Purchase atau Pembelian Langsung

Anda pasti sudah paham tentang cara pembelian yang satu ini, pembayaran yang dilakukan secara langsung di waktu awal sebelum sistem PLTS dipasang diatap rumah Anda. Dengan cara ini Anda dapat memiliki sistem PLTS sesuai dengan kebutuhan Anda secara langsung dan tanpa biaya tambahan setiap bulannya.

Dengan cara ini juga, Anda dapat langsung menikmati penghematan biaya listrik secara langsung. Selain itu, dampak lingkungan yang Anda berikan juga dapat terlihat secara langsung.

 

Consumer Loan atau Pinjaman/Kredit 

Selain pembelian secara langsung, ada juga pilihan pembayaran dengan model consumer loan atau kredit. Ada installer sistem PLTS yang telah bekerjasama dengan instansi pembiayaan seperti Bank, Fintech ataupun Multi-Finance.

Dengan cara ini, Anda tidak perlu khawatir dengan nilai investasi sistem Panel Surya yang tinggi. Bahkan ada installer PLTS yang tidak membutuhkan Uang Muka untuk pembeliaan dengan menggunakan cara ini. Suku bunga yang ditawarkan juga rata dan relatif rendah, mulai dari 1% hingga 2% per bulannya.

 

Rent atau Sewa sistem Panel Surya

Cara yang satu ini mungkin masih jarang didengar oleh masyarakat Indonesia. Namun, ada installer sistem PLTS yang sudah mulai menawarkan cara ini.

Mencontoh dari luar negeri seperti Australia dan Amerika Serikat, sistem PLTS dapat disewa oleh pemilik rumah. Biaya sewanya ditentukan oleh kapasitas sistem yang terpasang dan efisiensi produksi dari sistem tersebut.

Dengan cara ini, Anda bisa menikmati penghematan biaya listrik bulanan dan sekaligus mengurangi produksi polusi di Indonesia secara langsung. Itu berarti, nilai investasi yang dikeluarkan untuk cara pembayaran ini tidak ada.

 

 

Share

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

More Posts

Peraturan Pemerintah

Peraturan mengenai penggunaan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Atap di Indonesia tertuang dalam Peraturan Menteri Energi dan Sumber