Perawatan Panel Surya

Perawatan dan pembersihan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) secara rutin sangatlah diperlukan untuk memastikan kinerja PLTS selalu dalam keadaan optimal. Dengan perawatan secara rutin, PLTS akan bebas dari debu, kotoran dan hal-hal lainnya yang dapat mengganggu proses penyerapan sinar matahari oleh PLTS kita.  

 

Debu dan kotoran bisa mengurangi efisiensi PLTS atap

Debu dan kotoran yang menempel akan mengurangi kemampuan serap Sel Surya dari PLTS kita  terhadap cahaya matahari.  Kotoran dan debu akan mempengaruhi jumlah sinar matahari yang terserap dan dikonversikan menjadi energi. Semakin banyak kotoran yang ada, semakin sedikit sinar matahari yang terserap oleh PLTS karena terhalang kotoran. Oleh karena itu, pembersihan rutin sangat dibutuhkan demi memastikan permukaan Panel Surya tidak tertutup apapun. 

 

Air hujan bisa membersihkan PLTS atap, tetapi tidak 100% bersih

Bukankah genteng rumah tidak butuh dibersihkan dan debu atau daun bisa hilang dengan air hujan? Mengapa hal yang sama tidak berlaku untuk panel surya atap? Ini karena air hujan bukanlah air yang bersih. 

Air hujan mengandung partikel seperti pasir, kerikil kecil, atau residu lain. Mengandalkan air hujan untuk membersihkan panel surya atap sama saja dengan mengganti debu di genteng dengan residu dalam air hujan. Jauh lebih baik bila Anda melakukan perawatan panel surya dengan air yang biasa dipakai untuk kebutuhan sehari-hari karena lebih terjamin kebersihannya. 

 

Lalu bagaimana cara perawatan dan pembersihan PLTS?

 

Gunakan air dan alat pembersih yang lembut

Dalam membersihkan PLTS, hal yang pertama yang harus diingat adalah kita tidak mau sampai menggores atau merusak permukaan Panel Surya. Tergores nya temper glass dari Panel Surya dapat mengurangi produksi listrik PLTS kita. Pembersihan PLTS yang baik mirip seperti kita membersihkan mobil, gunakan air yang hangat dan sponge atau sikat yang lembut sehingga kotoran-kotoran dapat hilang secara tuntas. 

 

Hubungi tenaga profesional untuk membersihkan PLTS atap 

Ketika tiba saatnya untuk pembersihan panel surya, sebenarnya ada dua cara untuk Anda pilih; melakukannya sendiri atau menghubungi tenaga profesional. Umumnya, layanan pemasangan PLTS atap di rumah-rumah juga menawarkan fasilitas pemeriksaan, perawatan, dan pemeliharaan. Jadi, Anda tidak perlu repot membersihkannya sendiri.

Perawatan PLTS oleh tenaga profesional dari perusahaan pemasangan panel surya tentunya lebih terjamin dan sesuai dengan prosedur terbaik yang dapat memastikan PLTS Anda selalu bekerja dalam keadaan optimal.

Share

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

More Posts