Instalasi Panel Surya

Ketika Anda berminat untuk menggunakan sistem Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS), maka ada beberapa hal yang Anda perhatikan sebelum Anda melakukan pemasangan. Berikut adalah beberapa langkah yang mesti Anda lalui untuk melakukan instalasi PLTS di atap properti Anda:

 

Konsultasikan kebutuhan Anda Penyedia Sistem PLTS Professional

Di tahap awal, konsultasi dengan professional dibidang PLTS sangatlah penting. Hal ini dikarenakan, di tahap ini akan melakukan perhitungan mengenai berapa kapasitas PLTS yang baiknya diinstalasi sesuai dengan profil konsumsi listrik Anda. Pemasangan yang tidak sesuai dapat menyebabkan Anda memasang kapasitas yang berlebih atau kurang dari kebutuhan Anda. Di sisi lain, di tahap ini jugalah Anda akan mendapatkan penjelasan mengenai; cara kerja PLTS, peraturan Pemerintah, merk komponen yang akan digunakan, garansi yang didapat dan hal-hal lainnya. 

 

Survei Lokasi 

Sebelum memasang sistem PLTS atap di rumah Anda, tim engineer perusahaan PLTS yang Anda pilih akan melakukan survei lokasi terlebih dahulu. Hal ini wajib dilakukan untuk; Pengecekan luas lahan yang tersedia untuk pemasangan PLTS, pengecekan struktur Atap, pengecekan jalur kabel DC dan AC, penentuan pemasangan inverter dan hal-hal lainnya. Dari survei ini, pada umumnya tim perusahaan PLTS akan memberikan rencana pemasangan PLTS yang akan diinstalasi beserta dengan penawaran terbaik yang diberikan. 

 

Instalasi PLTS Atap

Pada tahap ini, tim teknisi akan melakukan pemasangan PLTS. Pada umumnya proses ini dapat memakan waktu 1-3 hari tergantung dengan besaran kapasitas PLTS yang akan dipasang, semakin besar kapasitas PLTS maka akan semakin lama pemasangannya. Pastikan bahwa perusahaan yang Anda pilih memiliki sertifikasi baik perusahaan dan teknisinya. Kementerian ESDM secara rutin mengeluarkan sertifikat yang memastikan bahwa perusahaan penyedia jasa instalasi PLTS sudah memenuhi standar yang aman dalam melakukan instalasi PLTS

 

Perawatan dan Pemantauan PLTS 

Setelah Sistem PLTS terpasang, tugas berikutnya adalah kita harus memastikan sistem berjalan dengan baik dari waktu ke waktu agar dapat memberikan keuntungan yang tinggi untuk kita. Untuk menjamin performa optimal kita harus selalu melakukan perawatan rutin seperti pembersihan Panel Surya. Panel Surya yang bersih dan bebas dari kotoran akan menerima cahaya secara optimal dan memproduksi listrik secara baik. 

Disisi lain, pastikan sistem PLTS Anda memiliki sistem pemantauan yang baik. Dengan sistem pemantauan yang baik, Anda dapat memantau performa sistem Anda secara online dan berkala dimanapun dan kapanpun. Dengan memantau secara rutin Anda akan mengetahui secara tepat kondisi PLTS Anda, sehingga jika terdapat anomali terhadap produksi sistem Anda secara aktif melakukan pengecekan dan perbaikan. 

Share

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

More Posts

Sebelum Pasang Panel Surya, Perhatikan 3 Hal Ini

Panel Surya merupakan investasi jangka panjang yang dapat mempengaruhi aspek kehidupan anda di rumah, Tidak seperti sumber listrik pada umumnya, dengan Panel Surya anda dapat memproduksi listrik secara mandiri di rumah.

Perawatan Panel Surya

Perawatan dan pembersihan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) secara rutin sangatlah diperlukan untuk memastikan kinerja PLTS selalu dalam