Kenapa PLTS?

Indonesia adalah negara yang di dominasi Pembangkit Listrik Bahan Bakar Fosil, 88% sumber energi listrik kita datang dari Pembangkit yang memanfaatkan batu bara, minyak bumi dan gas bumi dalam memproduksi listrik. Dampak dari pemanfaatan energi fosil yang tinggi membuat, Indonesia menjadi salah satu penyumbang polusi udara yang besar di dunia. Disisi lain listrik sudah menjadi komoditas utama yang memenuhi kebutuhan dan aktifitas sehari-hari masyarakat Indonesia. Tanpa listrik, sulit dapat dibayangkan roda ekonomi kita dapat berjalan dengan baik. 

Tingginya kebutuhan konsumsi listrik kita yang didukung dengan kotornya sumber energi listrik kita, membuat kita harus mulai mencari alternatif sumber energi listrik yang ramah lingkungan dan baik untuk kehidupan kita. Untungnya, saat ini teknologi Panel Surya yang memanfaatkan listrik dengan menggunakan cahaya matahari sudah dapat diandalkan dan digunakan dengan baik. 

Berikut adalah beberapa alasan mengapa sistem Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) adalah solusi energi terbarukan yang patut kita manfaatkan:

 

1. Hemat Tagihan Listrik 

Dengan menggunakan PLTS di properti Anda, secara otomatis anda akan mengurangi pembelian listrik Anda ke PLN. Hal ini dikarenakan listrik yang di hasilkan PLTS dapat langsung dimanfaatkan oleh konsumsi listrik properti Anda. Secara prioritas properti Anda akan mengambil listrik dari PLTS dahulu, jika suplai listrik dari PLTS tidak mencukupi baru kekurangannya akan diambil dari PLN. Secara rata-rata pengguna PLTS dapat mengurangi tagihan listrik hingga 50% per bulannya. 

 

2. Kontribusi Anda bagi keberlangsungan lingkungan.

Salah satu poin penting dalam investasi PLTS adalah Anda berkontribusi bagi keberlangsungan lingkungan. Tenaga listrik yang dihasilkan oleh PLTS merupakan energi bersih, murni dari matahari. dan tidak menghasilkan polusi. Pemasangan PLTS di rumah juga membantu melawan emisi gas rumah kaca dan mengurangi ketergantungan energi dari sumber daya yang tak bisa diperbaharui seperti batubara dan gas alam. PLTS adalah bukti nyata bahwa kita dapat menikmati manfaat dari listrik tanpa harus merusak lingkungan

 

3. Potensi Energi Surya Indonesia.

Indonesia adalah negara tropis yang dikarunia sinar matahari sepanjang tahun. Potensi Energi Surya Indonesia sepuluh kali lipat lebih besar dibandingkan negara pengguna PLTS seperti USA, Jepang, dan negara Eropa lainnya. Fakta ini membuat kita menyianyakan karunia yang Tuhan berikan jika kita tidak memanfaatkan cahaya matahari tersebut untuk sesuatu yang dapat bermanfaat untuk kehidupan kita. 

 

4. Integrasi dengan Jaringan Listrik PLN.

Saat ini Pemerintah sudah mendukung penggunaan PLTS Atap oleh pelanggan PLN. Dengan adanya Permen ESDM no 49 tahun 2018, saat ini pengguna PLTS dapat mengintegrasikan listrik Panel Surya mereka dengan jaringan listrik PLN. Selain itu pengguna PLTS pun sudah bisa mendapatkan insentif, insentif ini berbentuk kredit pengurangan tagihan listrik untuk daya listrik Panel surya yang di ekspor ke jaringan PLN. 

 

5. Peningkatan Nilai Properti

Investasi PLTS ternyata dapat meningkatkan nilai jual properti. Pernyataan ini sudah terbukti dari beberapa studi yang menunjukan bahwa rumah yang dilengkapi dengan PLTS memiliki nilai properti yang lebih tinggi dibandingan rumah biasa. Hal ini dikarenakan, PLTS adalah suatu teknologi yang membuat properti anda lebih effesien dan hemat energi sehingga dapat memberikan lebih banyak keuntungan lagi untuk pemilik rumah. 

 

Share

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

More Posts

Instalasi Panel Surya

Ketika Anda berminat untuk menggunakan sistem Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS), maka ada beberapa hal yang Anda perhatikan

Sebelum Pasang Panel Surya, Perhatikan 3 Hal Ini

Panel Surya merupakan investasi jangka panjang yang dapat mempengaruhi aspek kehidupan anda di rumah, Tidak seperti sumber listrik pada umumnya, dengan Panel Surya anda dapat memproduksi listrik secara mandiri di rumah.